Halo Daerah

Banjir Kiriman Kepung Pitumpanua Wajo, Ini Harapan Warga

HOSUSULSEL.COM, WAJO — Tingginya curah hujan ditambah air kiriman dari wilayah hulu dari daerah Belawae Kabupaten Sidrap mengakibatkan banjir di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo, Kamis (13/06/2019).

Sebanyak 3 kelurahan dan 2 Desa terendam banjir di wilayah itu, yakni Kelurahan Siwa Kelurahan Bulete dan Kelurahan Benteng serta Desa Tangkoro dan Desa Tangrongi.

Bahkan di Kelurahan Bulete dan kelurahan Siwa, aliran sungai Siwa meluap hingga pemukiman warga.

Pantauan Halosalsel.com, hingga siang tadi, di Lingkungan Mattugengkeng Kelurahan Siwa ketinggian air mencampai 1-1,5 meter.

Ketgam: Nampak akses jalan di Kelurahan Siwa yang digenangi banjir.

Akibatnya lahan pertanian, akses jalan, dan fasilitas umum seperti RSUD Siwa, Kantor Kelurahan dan Polsek Siwa ikut terendam banjir.

Camat pitumpanua Andi Mamu, saat di temui di lokasi banjir menyampaikan, banjir yang melanda Kecamatan Pitumpanua merupakan banjir kiriman dari kabupaten Sidrap dan luwu.

“Di Desa Tangrongi dan Tangkoro terdampak cukup parah, banjir mengakibatkan akses masuk ke dua desa tersebut putus akibat air yg mengenangi jalanan setinggi 1 Meter,” ungkap Andi Mamu.

Ketgam: Camat Pitumpanua, Andi Mamu, saat turun meninjau langsung kondisi banjir di wilayahnya.

Camat Pitumpanua didampingi Lurah Siwa bersama BPBD Wajo sendiri telah terjung lansung ke lokasi menyerahkan bantuan berupa beras ke korban banjir.

“Khusus Kelurahan Siwa, ada 300 KK yang rumahnya tergenang banjir. Kita berharap air segara surut agar aktivitas masyarakat kembali normal,” tutupnya.

Sementara salah satu warga Siwa, Faisal (45) berharap Sungai Siwa yang melintasi Kecamatan Pitumpanua agar di carikan solusinya agar supaya tidak meluap ke pemukiman warga.

“Saya mohon kepada pemerintah agar mengali Sungai siwa, dan membendung bantaran sungai yang berada di Kelurahan Siwa. Karena kalau air sungai meluap, pasti air mengenangi semua warga lingkungan Mattugengkeng yang 300 KK yang ada di sini,” Pintanya.(Bustang)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange