Halo Politik

Datangi Kantor Bawaslu Wajo, Massa Tuntut Pemungutan Suara Ulang

Foto: Orasi massa di depan kantor Bawaslu Wajo di Jl Beringin, Sengkang, Kabupaten Wajo,

HALOSULSEL.COM, WAJO — Sejumlah massa medatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wajo di Jl Beringin, Sengkang, Kabupaten Wajo, Senin (29/4/2019) sore.

Massa gabungan dari sejumlah elemen masyarakat dan Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB) ini, dalam orasinya mempertanyakan tindak lanjut laporan sejumlah kejanggalan yang terjadi dalam proses Pemilu 17 April 2019.

“Ada beberapa masyarakat yang telah melaporkan ke Bawaslu terkait adanya kelalaian petugas KPPS dalam proses pemungutan suara. Begitu juga dengan laporan dugaan money politik yang terjadi di Kabupaten Wajo,” ungkapnya.

Mereka menuding, Bawaslu Wajo tidak menindaklanjuti sejumlah laporan kecurangan yang telah masyarakat laporkan sebelumnya.

“Kami mempertanyakan sejumlah laporan kecurangan pemilu yang tidak ditindaklanjuti, ada apa?” ujar Arianto Ardi selaku orator.

Berdasarkan laporan-laporan tersebut merekapun mendesak Bawaslu menindak lanjuti laporan-laporan kecurangan dari masyarakat dan menuntut pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah TPS yang dituding bermasalah yang telah dilaporkan sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Wajo Dr Abdul Malik, mengaku telah menindaklanjuti laporan. Namun begitu kata dia ada prosedur yang harus diikuti.

“Bukan kita tidak tanggapi, tapi kita sudah minta pelapor untuk melengkapi laporannya,” katanya.

Senada Heriyanto menambahkan, Bawaslu itu tempat menerima laporan, bukan tempat menyelesaikan laporan.

“Contoh, persoalan selisih jumlah atau kesalahan penulisan pada C1, itu ranahnya KPU, yang diplenokan di tingkat PPS, kemudian PPK, dan sampai pada pleno KPU. Pada intinya, semua laporan tetap kami proses sesuai prosedur,” teraang Komisioner Bawaslu Wajo Devisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga ini. (Red)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange