Halo Daerah

H-2 Jelang Lebaran, Hargai Cabai Besar di Pasar Buriko Dijual Rp 1000 perbiji

HALOSULSEL.COM, WAJO — H-2 jelang hari raya Idul Adha harga harga cabai besar meroket dipasarkan.

Pantauan Halosulsel.com, di Pasar Buriko Kecamatan Pitumpanua, Jumat (09/08/2019), harga cabai besar perkilogramnya melonjak hingga kisaran  Rp 80.000-Rp 85.000. Padahal minggu lalu harga masih di kmkisaran Rp 40.000/Kg.

Selain Lombok besar, sejumlah rempah lainnya juga ikut mengalami kelonjakan harga. Seperti bawang merah dari Rp 30.000 naik menjadi Rp 35.000/Kg kg, cabe rawit Rp35.000 naik Rp40.000/Kg.

Rustam, salah satu pedagang cabe di Pasar Tradisional Buriko mengatakan, kenaikan harga cabe merah disebabkan kurangnya pasokan dari petani, sementara permintaan relatif tinggi.

“Apalagi pasokan cabe dari dalam daerah seperti Belawa sudah tidak ada karena habis dilanda banjir. Sehingga terpaksa kita drop dari Kabupaten Enrekang, itupun dengan harga tinggi,” ungkapnya.

Harga inipun diperkirakan masih akan melonjak, mengingat besok merupakan hari puncak.

“Besok di Pasar Siwa diperkiraan harga tambah melonjak naik, karena persediaan cabe sudah menipis, kita susah dapat dari petani,” tambah pedagang cabai lainnya, Jabir.

Kenaikan inipun sontak membuat sejumlah ibu-ibu yang belanja bumbu dapur di Pasar Buriko kaget.

“Beberapa hari lalu harganya di pasar sini masih Rp 40.000/kg. Tau-tau hari ini harganya sampai Rp85.000/kg, bahkan tadi ada yang jual disana Rp1000 per biji,” ketus Ibu Nurlia. (Busyairi)

Editor: Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange