Halo Daerah

Disdukcapil Wajo Musnahkan Ribuan KTP Elektronik Invalid

Kegiatan Pemusnahan e-KTP di Halaman Kantor Disdukcapil Kabupaten Wajo

HALOSULSEL.COM, WAJO — Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wajo memusnahkan ribuan KTP Elektronik (e-KTP) di halaman kantor Disdukcapil Wajo, Selasa (18/12/2018).

Dari pantauan, pemusnahan ini turut dihadiri oleh Polres Wajo, Kodim 1406 Wajo, KPU Wajo, Pemerintah Daerah, DPRD Wajo, Polisi Pamong Praja, Bawaslu, serta seluruh jajaran dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo serta disaksikan oleh masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut.

Kepala Disdukcapil Wajo, H Dahniar Gaffar mengatakan, pemusnahan e-KTP ini merupakan bentuk tindak lanjut dari perintah langsung oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri melalui media sosial, agar segera dilakukan pemusnahan KTP Elektronik yang dilakukan penggantian, karena perubahan elemen data atau KTP Elektronik rusak dengan cara membakar.

“Pemusnahan yang kita lakukan hari ini berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor: 470.13/1176/SJ tentang Penata usahaan KTP Elektronik rusak atau invalid,” kata Dahniar.

Adapun jumlah KTP elektronik yang dimusnahkan hari ini lanjut Dahniar, sebanyak 6722 keping. Dengan rincian KTP elektronik rusak fisik sebanyak 488 keping dan KTP elektronik mutasi pindahan dari luar sebanyak 6234 keping,

“Pemusnahan ini juga kita lakukan untuk menghindari adanya oknum tertentu yang bisa saja memanfaatkan KTP yang invalid tersebut,” tandasnya.

Laporan : Selfi (Humas Pemkab Wajo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange