Advertorial

Dorong Kemajuan Desa, Wakil Ketua DPRD Wajo Kunker di Kemendes dan PDTT RI

HALOSULSEL.COM, WAJO — Untuk memaksimalkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Wajo, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo melakukan kunjungan ke Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia.

Kunjungan Kerja Wakil Ketua bersama anggota Komisi II DPRD Wajo ini, membahas terkait pengembangan kapasitas masyarakat desa lewat pendampingan dana desa yg diharapkan makin meningkatkan potensi dan pembangunan di desa apalagi dengan adanya BUMdes.

“Dari hasil pertemuan ini Kemendes berharap agar pemerintah desa dibantu oleh pendamping desa, punya inovatif dalam mengembangkan desanya,” beber Harus, sapaan akrab Ketua PPP Wajo.

Lanjut Harus, potensi desa memiliki karakteristik yang berbeda sehingga perlu ada kemampuan untuk mengeksplor segala potensi yang ada di desa.

“Jika pemerintah desa di Wajo mampu untuk berinovasi maka saya yakin, dampaknya akan sangat besar untuk sebuah perubahan,” tegasnya.

Selain itu, program One Village One Bumdes juga menjadi perhatian Wakil Ketua I DPRD Wajo ini, karena ekonomi masyarakat desa akan maju dengan adanya sistem dana bergulir yang memberikan pemberdayaan, penguatan modal dan penciptaan lapangan usaha yang dikelolah oleh Bumdes.

Apalagi kata dia jika BUMdes dikelola dengan manajemen yang baik tentunya akan memberikan PAD bagi desa.

“Nantinya saya berharap setiap desa di Wajo, punya program inovatif yang bisa jadi percontohan di indonesia,” harapnya.

Karenanya dia meminta, Dinas PMD dan pendamping desa bisa mendorong ide-ide kreatif dengan membuat lomba inovasi desa. Dimana setelah lomba inovasi desa itu selesai, akan kawal implementasinya di lapangan.

“Kita harus kawal, apakah betul-betul diterapkan dan bagaimana impacnya serta harus berlangsung secara kontinyu, bukan aktif hanya pada saat sebatas lomba untuk mencari pemenang. Tapi intinya, bagaimana inovasi itu dirasakan oleh masyarakat,” tutupnya. (Adv- Humas DPRD Wajo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange