Uncategorized

Dovi Terjatuh, Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2018

Foto : Aksi selebrasi Marc Marquez usai menjuarai MotoGP 2108

HALOMOTOGP — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tak perlu menunggu hingga balapan terakhir untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018.

Titel juara dunia berhasil direngkuh Marquez setelah menjuarai MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (21/10/2018).

Tambahan 25 poin membuat posisi Marquez di klasemen MotoGP 2018 tak mungkin digeser pembalap lain. Apalagi pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso, terjatuh dan akhirnya finis di posisi ke-18. Dia tak mampu menambah poin, sehingga Marquez melenggang ke tangga juara dunia.

Jalannya Balapan

Sebenarnya start bagus dilakukan Dovi dengan menjaga posisi pertama. Sedangkan posisi kedua ditempati Jack Miller yang diikuti Marquez. Namun, tak butuh waktu lama bagi Marquez untuk segera menyalip Miller.

Di barisan belakang, Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi kesembilan, langsung menyodok diposisi kelima.

Memasuki lap keempat, pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow membuat kejutan. Ia melakukan overtake untuk merebut posisi kedua dari penguasaan Marquez. Aksi Crutchlow diikuti penampilan ciamik Rossi yang merebut posisi keempat.

Pertarungan Marquez dan Crutchlow berjalan cukup menarik. Pada lap ketujuh, ia gantian mengasapi Crutchlow untuk kembali menguasai posisi kedua. Saat keduanya bertarung, Dovi tampak masih nyaman menguasai posisi terdepan.

Memasuki lap ke-10, tak ada perubahan pada posisi tiga terdepan. Sedangkan Rossi harus rela melihat Alex Rins menyalipnya di tikungan kelima. Terlihat bahwa Rossi mulai bermasalah dengan grip motornya.

Duel Marquez dan Dovi terjadi di lap ke-13. Marquez awalnya melewati Dovi di tikungan kesembilan. Tapi, dua tikungan setelahnya, Dovi kembali mengambil alih posisi pertama. Marquez pun terlihat belum terlalu ngotot untuk bertarung dengan Dovi terlalu dini.

Hingga memasuki tujuh lap terakhir, belum ada tanda-tanda dari Marquez untuk bertarung serius dengan Dovi. Namun, kali ini keduanya memang sudah meninggalkan Crutchlow cukup jauh. Serangan Marquez akhirnya terlihat di empat lap terakhir. Ia menyalip Dovi di tikungan kesembilan.

Saat balapan tersisa dua putaran, Dovi yang berusaha melewati Marquez malah melakukan kesalahan hingga terjatuh. Hal itu membuat Marquez tak kesulitan mengamankan posisi terdepan hingga menyentuh garis finis.

Atas kemenangan ini, The Alien berhasil merengkuh gelar juara dunia kelima di kelas MotoGP.

Selama enam musim berkiprah di MotoGP, Marquez hanya sekali gagal menjadi juara dunia, yaitu pada 2015. Saat itu, gelar juara dunia menjadi milik Jorge Lorenzo.

Klasemen Sementara

1. Marc Marquez 296 poin

2. Andrea Dovizioso 194

3. Valentino Rossi 185

4. Maverick Vinales 155

5. Cal Crutchlow 148

6. Johann Zarco  133

7. Danilo Petrucci 133

8. Jorge Lorenzo 130

9. Alex Rins 118

10. Andrea Iannone  113

11. Dani Pedrosa 95

12. Alvaro Bautista 83

13. Jack Miller 74

14. Franco Morbidelli 38

15. Tito Rabat  35

16. Pol Espargaro 35

17. Hafizh Syahrin 34

18. Aleix Espargaro 32

19. Bradley Smith  23

20. Takaaki Nakagami 19

21. Scott Redding 12

22. Mika Kalilo 6

23. Karel Abraham 5

24. Katsuyuki Nakasuga 2

25. Michele Pirro 1

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange