Halo Sulawesi

Hadiri Peringatan HPS, Bupati Wajo Siap Dukung Target Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia

Ketgam: Bupati Wajo Amran Mahmud didampingi Ketua PKK Wajo, H Sitti Maryam mengunjungi Stand Pameran Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel.

HALOSULSEL.COM, KENDARI — Bupati Wajo Dr H Amran Mahmud akan memberikan perhatian khusus terhadap sektor pangan untuk mendukung target Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.

Hal itu disampaikan Bupati Wajo saat menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (GPS) ke-39 Tingkat Nasional Tahun 2019 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/11/2019).

“Dengan program kerja Sistem Pertanian Terpadu (Integrated Farmyng System) yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan. Kami yakin dapat menjadi solusi bagi peningkatan produktivitas lahan, program pembangunan dan konservasi lingkungan, serta pengembangan desa secara terpadu,” ungkap Amran Mahmud.

Orang nomor satu Wajo inipun yakin dengan Sistem Pertanian Terpadu yang telah diterapkan saat ini, kebutuhan jangka pendek, menengah dan jangka panjang petani berupa pangan, sandang dan papan akan tercukupi.

Seperti diketahui, Tema Global Hari Pangan Sedunia Tahun 2019 kali ini yakni “Tindakan Kita adalah Masa Depan Kita, Pola Pangan Sehat untuk Zero Hunger 2030”.

Adapun tema nasional Peringatan HPS adalah “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 Mencapai Tanpa Kelaparan (Zero Hunger)”. Tidak hanya tentang mengatasi kelaparan, tetapi juga memelihara kesehatan manusia dan bumi.

“Tema ini selaras dengan visi misi kita (Pammase, red) menciptakan Pemerintah Amanah dan Sejahtera,” tambahnya.

Usai upacara pembukaan HPS, Bupati Wajo selanjutnya mengunjungi Stand Pameran Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan, yang menampilkan aneka ragam olahan pangan spesifik lokal dari 23 Kabupaten se Sulawesi Selatan.

Kabupaten Wajo sendiri melalui Dinas Ketahanan Pangan menampilkan olahan pangan lokal dari pisang berupa dempo,  kripik, stik ubi jalar ungu,  kripik ubi kayu, kerupuk rumput laut.dan  aneka olahan kue khas Wajo serta teh bunga buah naga. (*/Rls)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange