Halo Dokter

Jangan Anggap Sepele, Ini Bahaya Kecanduan Ngelem

Foto Ilustrasi

HALOSULSEL.COM — Kasus mabuk kecanduan ngelem yang banyak dilakukan anak jalanan saat ini menjadi trend. Ironinya pecandu ngelem didominasi remaja yang masih berumur belasan termasuk anak sekolahan.

Selain mudah didapat, alasan lain karena harga lem lebih murah dibandingkan minuman keras atau narkoba lainnya yang biasa dipakai orang mabuk-mabukan.

padahal ngisap lem ini  punya efek yang sangat berbahaya. Apa saja efeknya? Berikut efek ngelem dilansir Hellodokter.com;

1. Gagal pernapasan akut

Gagal pernapasan akut adalah kondisi  yang kemungkinan bisa fatal akibatnya akibat ngelem. Ini adalah kondisi yang terjadi  ketika zat yang dihirup dalam lem merusak kemampuan Anda untuk bernapas. Menghirup lem berbahan kimia secara langsung pada umumnya juga dapat memengaruhi paru-paru Anda. Ini mencegah jumlah oksigen yang cukup untuk menjangkau seluruh tubuh. Dalam kasus yang serius, kegagalan pernapasan kronis akibat mabuk lem dapat menyebabkan koma.

2. Kerusakan otak

Menghirup lem yang umumnya mengandung zat toluena dan naftalena dapat merusak selubung mielin. Mielin adalah lapisan tipis di sekitar serabut saraf otak dan sistem saraf Anda. Kerusakan ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada fungsi otak, serta juga dapat menyebabkan masalah neurologis yang mirip dengan yang terlihat dengan multiple sclerosis.

3. Aritmia

Kandungan bahan kimia dalam lem apabila dihirup kuat-kuat dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur atau aritmia. Dalam beberapa kasus, ritme abnormal dapat menyebabkan gagal jantung yang fatal. Hal ini juga dikenal sebagai sudden sniffing death syndrome (SSDS), yaitu sindroma kematian mendadak setelah menghirup lem. Ini bisa terjadi bahkan pada kali pertama seseorang mulai ngelem.

Risiko kesehatan serius lainnya yang terkait dengan menghirup lem termasuk:

kejangkerusakan hatikerusakan ginjal tersedak (sering karena muntah)

Nah… Kita sudah tahu bahanya? Jadi baiknya hindari dan hentikan ngelem sebelum kecanduan.(Fer)

Editor : Zasthya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange