Halo Pendidikan

Jawab Tantangan Era Industri 4.0 di bidang Pendidikan, Uniprima Gelar UTS Berbasis Teknologi Android

HALOSULSEL.COM, WAJO — Ada yang menarik pada pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima) Sengkang, Jumat (9/11/2018).

Pasalnya, pada pelaksanaan UTS mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan semester III di kampus tersebut tidak lagi menggunakan Kertas Soal dan Pulpen. Melainkan para mahasiswa terlihat asyik dengan Smarphone mereka masing-masing.

Dosen Uniprima yang melaksanakan UTS
Kiki Henra, mengatakan jika pada pelaksanaan ujian kali ini, mahasiswa menggunakan Teknologi Android dengan memanfaatkan smartphone masing-masing.

“Dunia Pendidikan kita di era Industri 4.0 ini mengalami tantangan yang sangat besar, karena era teknologi dan artificial intelligence seperti saat ini memaksa kita untuk mengubah pola insturmen pembelajaran lama kepemanfaatan teknologi. Walaupun sebagian orang menganggap hal itu sangat berat namun sebenarnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi itu memberikan efesiensi yang sangat siginifikan,” ungkap Kiki.

Dosen muda Universitas Puangrimaggalatung sekaligus merupakan Founder Bimbingan Belajar Mathematics Education Center ini juga menambahkan bahwa perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang sangat cepat wajib menjadi perhatian bagi civitas akademika sehingga pembelajaran berbasis TI harus dipertimbangkan untuk menentukan kompetensi mahasiswa, hal ini senada dengan kebijakan Menristekdikti.

“Tidak dapat dipungkiri jika proses belajar siswa dan mahasiswa saat ini sudah berubah 180 derajat, yang dulunya mereka mencatat materi di buku sekarang materi yang ditulis di whiteboard oleh guru atau dosen. Hanya di foto menggunakan camera smartphone, yang menjadi alasan utamanya pun hanya faktor efesiensi. Dan faktanya memang seperti itu karena rata-rata mahasiswa memiliki smarphone dan jaringan internet masing-masing” ujar dosen sekaligus guru di SMK Persada ini.

Dosen yang merupakan alumni Pendidikan Matematika Unismuh dan UNM ini menjelaskan, metode pembelajaran yang ia terapkan adalah Hybrid Learning, memadukan pembelajaran tatap muka dan online, dengan metode ini dapat memicu kreativitas mahasiswa dalam menggunakan teknologi dan menyiapkan mental mereka untuk menjadi SDM yang unggul dalam era industry 4.0.

Laporan : Eko

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange