Halo Nasional

JK Usul 3 Daerah di Sulawesi Jadi Lokasi Ibu Kota Negara

Gambar Ilustrasi

HALOSULSEL.COM, JAKARTA — Keberadaan Jakarta sebagai ibu kota negara dianggap sudah tidak layak lagi. Wacana yang mulai berkembang ibu kota negara akan dipindahkan ke luar Jawa.

Terdapat tiga solusi yang sempat diajukan kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 29 April 2019.

Namun Presiden Joko Widodo telah memberikan sinyal untuk memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan Sulawesi menjadi lokasi Ibu Kota baru.

“Ya, Sulawesi dibilang Pak JK,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kepada wartawan usai ratas.

Menurut Basuki, ada tiga lokasi yang diusulkan oleh Wapres. Pertama adalah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kedua, adalah kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Kedua daerah itu dinilai strategis karena lokasinya berada di tengah Indonesia, baik jika diukur dari barat ke timur dan utara ke selatan.

Namun, kedua daerah itu memiliki kekurangan, yakni cukup rentan terhadap bencana. “Karena itu ring of fire,” kata Basuki.

Opsi ketiga yang ditawarkan Kalla adalah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Daerah tersebut dinilai tidak rentan terhadap bencana alam karena di luar kawasan cincin api. Namun, lokasinya dinilai terlalu ke selatan.

“Sulawesi kalau tidak mau ring of fire itu Makassar, tapi tidak di tengah,” kata Basuki.

Menurut Basuki, lokasi baru ibu kota ini memang masih akan dikaji lebih dalam pada rapat-rapat selanjutnya.

Selain Sulawesi, menurut Basuki, pulau Kalimantan juga akan menjadi pilihan yang bisa diambil oleh pemerintah. “Paling aman Kalimantan,” tutupnya.(*)

Editor : Eka

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange