Halo Daerah

Lagi Wajo Dilanda Gempa, Warga Keera: Guncangan Terasa Sampai Dua Kali

Gambar Ilustrasi

HALOSULSEL.COM, WAJO — Gempa bumi kembali melanda Kabupaten Wajo, gempa tektonik berkekuatan 4,2 SR tersebut terjadi pada pukul 06.06 wita, Senin (17/12/2018) pagi.

Salah satu warga Kelurahan Ballere Kecamatan Keera, Andi Idris yang dihubungi HALOSULSEL.COM, mengaku sempat merasakan gempa sebanyak dua kali.

“Iya warga di sini merasakan guncangan dan sempat membuat sebagian warga panik,” ujarnya.

Namun meski demikian, dia mengaku gempa yang terjadi pagi tadi tidak sekeras yang terjadi pada awal Oktober 2018 lalu.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tektonik berkekuatan 4,2 SR ini.

Sementara Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Pusat Gempa Regional (PGR) IV merilis, gempa tersebut berpusat pada koordinat 3.75 LS-120.30 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km utara Kecamtan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas sesar aktif yang berdekatan dengan pusat episenter,” terang Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman.

Gempa bumi tektonik tersebut dirasakan di wikayah sekitar Kabupaten Wajo, seperti di wilayah Kabupaten Sidrap. Meski demikian, Joharman tetap mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing berita hoaks.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tutupnya.

Laporan : One

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange