Halo Sulawesi

Mamasa Lima Kali Diguncang Hari Ini, Tertinggi 4,7 SR

ilustrasi

HALOSULSEL.COM — Gempa bumi terus mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Selatan, Jumat (9/11/18). Dari catatan BMKG, sudah lima kali gempa terjadi sampai siang ini.

Gempa pertama terjadi pada pukul 02:42:45 Wita dengan kekuatan gempa 4,7 SR di kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di darat 4 km Barat Laut Mamasa.

Lalu pada pukul 04:39:36 Wita dengan kekuatan gempa 3,7 SR di kedalaman 5 km. Pusat gempa berada di darat 10 km Timur Laut Mamasa.

Gempa Mamasa ketiga terjadi pada pukul 04:57:22 Wita dengan kekuatan 3,6 SR di kedalaman 4 Km. Pusat gempa berada di darat 30 km Tenggara Mamasa.

Keempat, gempa Mamasa terjadi pukul 05:50:23 Wita dengan kekuatan 3,2 SR pada kedalaman 10 Km . Pusat gempa berada di darat 14 km Tenggara Mamasa.

Yang terakhir dari catatan BMKG, gempa Mamasa terjadi pukul 07:19:16 Wita dengan kekuatan 3,2 SR di kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di darat 10 km Tenggara Mamasa.

 BMKG Makassar merilis, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Mamasa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (Strike-Slip Fault). Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempabumi ini adalah Sesar Saddang. (int)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange