Halo Politik

Massa Kembali Demo, Giliran KPU Wajo Jadi Sasaran

Foto : Aksi unjuk rasa AMIWB di depan Kantor KPU Wajo

HALOSULSEL.COM, WAJO — Setelah sebelumnya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bawaslu Wajo kemarin, Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB) bersama sejumlah massa pendukung partai politik kembali melanjutkan aksi unjuk rasa menyoal kecurangan pada proses pemilu 17 April kemarin.

Kali ini massa melakukan aksi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo, Jl Bau Mahmud Sengkang, Selasa (30/04/2019).

Massa menuding ada ketidak adilan dan praktek kecurangan sistematis pada pesta demokrasi 17 April kemarin. Termasuk dalam proses perekapan C1.

Massa juga menyesalkan keputusan KPU yang melaksanakan proses rekapitulasi di hotel ketimbang di kantor sendiri.

“Rakyat harusnya menyaksikan pleno rekapitulasi ini di kantor  KPU, tapi mereka lebih memilih melaksanakan hotel. Ada apa?,” tanya salah satu koordinator aksi

Merekapun mendesak, dengan adanya berbagai laporan kecurangan, KPU bersikap netral dan menjunjung tinggi keadilan.

Ketua KPU Wajo Haedar, menegaskan KPU Wajo telah bekerja sesuai regulasi, termasuk proses perekapan suara di PPK kecamatan.

“Apalagi semua papol punya saksi-saksi yang kita bekali C2 dan mereka sudah tanda-tangani. Jadi kami anggap sah-sah saja apalagi tidak ada saksi keberatan,” kata Haedar, saat keluar menemui massa pengujuk rasa.

Namun begitu, Haedar mempersilahkan kalau memang ada kejanggalan yang ditemukan untuk melapor ke lembaga lembaga yang memang punya kewenangan.

“Dan kami siap melaksanakan kalau ada rekomendasi,” terangnya.

Adapun proses perekapan yang dilaksanakan di hotel, Haedar beralasan karena aula kantor KPU kapasitasnya tidak memungkinkan.

“Aula KPU hanya berkapasitas 50 orang, sementara peserta ada ratusan, mulai dari saksi parpol, caleg,  PPK dan undangan lainnya. Ini juga demi menjaga suara rakyat sehingga dilaksanakan ditempat yang lebih nyaman,” tutupnya. (Red)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange