Halo Dokter

Miris… BPJS Ditolak, Korban Gempa Palu Dimintai Bayaran Saat Berobat di RSUD Lasinrang

RSUD Lasinrang di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang

HALOSULSEL.COM, PINRANG — Nasib malang dialami Hj. Hadayang, salah seorang pengungsi korban tsunami dan gempa di Sulteng.

Dia tidak menduga pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang, Kabupaten Pinrang, mengenakan biaya perawatan penyakit yang dideritanya akibat bencana alam pekan lalu.

Pasalnya, ia dikenakan biaya administrasi saat menjalani perawatan medis di RSUD Lasinrang Pinrang.

“Kami tentu sangat menyayangkan, kerabat kami masih dimintai biaya saat diawat inap di RSUD Lasinrang Pinrang,” ucap kerabat korban, Tullah, dikutip di Tribuntimur.com, Minggu (7/10/18).

Padahal, katanya, Pemerintah sudah menggratiskan biaya perawatan untuk korban gempa dan tsunami Palu. “Sepengatahuan saya demikian,” ucap Tullah.

Ia menambahkan, pihaknya sudah mencoba upaya lain agar Hadayang bisa dirawat secara gratis di RSUD Lasinrang. Termasuk menggunakan Kartu BPJS. Namun, pihak RS menolak hal tersebut lantaran beralamat Kota Palu.

“Kami pun dengan terpaksa minta keluar, usai dirawat inap selama dua hari. Kami bayar sebesar Rp1,7 juta,” jelas Tullah.

Terpisah, Humas RSUD Lasinrang Pinrang Yanti Masud tak menampik adanya pemungutan biaya itu.

Hanya saja, hal itu dilakukan lantaran diagnosa korban itu terindikasi penyakit dalam dan harus dirawat di ruang Eterna.

“Biaya yang dikenakan berdasarkan data di RS itu Rp 1,3 juta. Teman-teman perawatan mungkin berpikir bahwa penyakit korban saat dirawat tidak ada hubungannya dengan bencana alam di sana, makanya dibuatkan administrasi pembayaran sebagaimana pasien pada umumnya,” kata Yanti.

Ia menegaskan, sudah ada beberapa korban pengungsi Palu-Donggala yang dirawat di RSUD Lasinrang dan tidak dibebankan biaya.

“Semua gratis sesuai aturan Kemenkes,” jelasnya.

Yanti menambahkan, hal tersebut telah dilaporkan ke Direktur RSUD Lasinrang Pinrang untuk dicarikan jalan keluar.(*)

Editor : Zasthya

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange