Halo Polisi

Nipu Catut Nama BRI , Pemuda Asal Belawa Diciduk Polda Sulsel

Foto: Press release Polda Sulsel, Pelaku dan barang bukti dipamerkan di Mako Polda Sulsel.

HALOSULSEL.COM, WAJO — Polda Sulsel berhasil meringkus sindikat penipu online yang mengatas namakan Bank BRI. Sindikat penipu ini berhasil merauh untung hingga Rp 1.466.584.457.

Dari laporan dari pihak Bank BRI pusat, ada sekira 115 yang berhasil ditipu di seluruh Indonesia. Untuk mengelabui para korbannya, para penipu ini menggunakan Website tiruan menyerupai Web BRI.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, Berdasarkan analisis BRI, transaksi yang dilakukan di wilayah Sulawesi Selatan.

Dari hasil analisa tersebut pihak BRI membuat laporan ke Polda Sulsel guna dilakukan penyidikan lebih lanjut untuk mengungkap pertanggungan yang telah merugikan masyarakat banyak.

Dari hasil penelusuran tim Subdit Cyber ​​Polda Sulsel akhirnya berhasil mengamankan dua orang berinisial S (30) dan S (34).

S (30) diamankan di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo dan S (34) diamankan di tangkap di Kecamatan Pituriawa Kabupaten Sidrap.

Akibat perbuatannya, tersangka kini mendekam di Mapolda Sulsel untuk mempertanggung jawabkan tindakannya.

Tersangka terancam dikenakan pasal 35 ayat (1) jo pasal 51 dan atau pasal 28 ayat (1) Jo pasal 36 ayat (1) jo pasal 45A ayat (1) UU RI No 19 Tahun 2016, Tetang perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik Joo pasal 66 ayat (1) ke 1 KUHPidana dengan peradilan hukuman paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak Rp12.000.000.000

Atas keberhasilan personil mengungkap kasus tersebut, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Umar Septono memberi apresiasi pada anggotanya karena kasus ini kata dia, sangat meresahkan warga.

“Ini bentuk keseriusan Polda Sulsel di dalam kasus penipuan yang menggunakan IT.  Mari kita hindari jeratan UU ITE karena ancaman hukumannya sangat berat,” pungkas Jenderal Umar.(Ito)

Laporan : Zhastya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange