Halo Politik

Punya Hak Pilih, KPU Wajo Sosialisasi pada Penyandang Disabilitas

HALOSULSEL.COM, WAJO — Terlahir dengan kondisi keterbelakangan tak membuat sejumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Wajo harus kehilangan hak pilih.

Mereka tetap punya semangat dan keinginan besar bisa seperti manusia normal pada umumnya, untuk memberikan hak pilihnya pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang

Hal itu diperlihatkan para penyandang disabilitas yang sudah berumur 17-30 tahun lebih pada kegiatan sosialisasi Segmen Disabilitas oleh Yayasan Wajo Institute (WI) bekerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo, di Warkop Beroder Coffe Sengkang, Kamis (29/11/18).

Ketgam : Foto bersama para penyandang disabilitas dengan anggota KPU Wajo dan Pengurus Yayasan Wajo Institute

Muhamad Mursyidin Arif, selaku moderator sosialiasi Segmen Desabilitas, mengatakan sosialisasi ini bertujuan agar mereka penyadang desabilitas menhetahui jika mereka berhak mempuyai hak pilih.

Senada, Komisioner KPU Wajo Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Haedar mengatakan, kelompok penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok yang termasuk dalam sasaran sosialisasi.

“Sosialiasasi ini diadakan untuk meningkatkan parsitipasi masyarakat dalam pemilu mendatang, terutama pada kaum disabilitas. Karena mereka juga berhak untuk mendapatkan sosialisasi seperti kelompok umum lainnya,” ujarnya Haedar.

Ketua Yayasan Wajo Institute (WI) menjelaskan, sosialisasi yang dilaksanakan tersebut disambut hangat oleh para penyandang disabilitas. Menurutnya, semua warga negara yang sudah punya hak pilih, termasuk penyandang disabilitas, wajib didata tanpa terkecuali.

“Persoalan mereka nanti bisa menggunakan hak pilihnya atau akan mencoblos atau tidak, iti adalah persoalan berbeda. Tapi negara harus memenuhi hak setiap warga negara untuk bisa didata sebagai pemilih pemilu 2019 adalah sebuah keniscayaan,” tegasnya.

Sementara Persatuan Desabilitas Wajo, Bahar mengaku, kelompoknya sangat antusias untuk mengikuti dan menyukseskan pemilu tahun depan. Dia juga menyakinkan jika mereka akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu mendatang.

“Dengan sosialisasi ini kami lebih mengerti profil partai atupun sosok calon legislatif, calon presiden dan calon wakil presiden yang akan kami pilih,” kata Bahar.

Laporan : Faizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange