Halo Politik

Ratusan Surat Suara Tertukar, Proses Pencoblosan di Sejumlah TPS di Sabbangparu Wajo Molor

Foto: Kertas surat suara yang tertukar dari dapil I Tempe, yang ditemukan di salah satu TPS di Desa Pasaka Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo.

HALOSULSEL.COM, WAJO — Ratusan kertas surat suara ditemukan tertukar di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Pasaka dan Desa Liu, Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo, Rabu (17/04/19) pagi.

Informasi yang dihimpun, kertas surat suara yang ditemukan tertukar adalah surat suara milik DPRD Wajo daerah pemilihan (Dapil) VI (Sabbangparu-Pammana) yang tertukar dengan kertas suara dari Dapil I Tempe.

Ketua PPS Desa Pasaka, Andi Solelefu yang ditemui membenarkan hal tersebut. Menurut Andis, panggilan akrabnya ada 4 TPS yang tertukar kertas suaranya dengan jumlah bervariasi yakni, TPS 4 sebanyak 42 kertas suara, TPS 5 = 158, TPS 6 = 108 dan TPS 7 = 23.

“Total ada 331 kertas suara Dapil VI yang tertukar dengan kertas  Dapil I Tempe,” ungkap Andis.

Lanjut Andis, kertas suara tertukar itu ditemukan saat warga hendak mencoblos di bilik TPS. “Saat mau mencoblos, warga tidak menemukan caleg DPRD yang ingin di coblosnya, sehingga melapor ke petugas KPPS,” ujarnya.

Akibatnya, tambah dia, proses pencoblosan terganggu sehingga terpaksa molor dan ditunda sambil menunggu surat suara pengganti dari KPU Wajo.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Wajo Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM pada saat dikonfirmasi juga membenarkan hal tersebut.

“Tim kami sementara bergerak untuk memenuhi kekurangan surat suara, dengan mengambil dari TPS terdekat,” singkatnya. (Red)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange