Halo Politik

Satpol PP dan Bawaslu Wajo Copot Ratusan APK Caleg yang Melanggar Aturan

HALOSULSEL.COM, WAJO — Satpol PP, Bawaslu, dan Panwas Kecamatan mencopot ratusan Alat Peraga Kampanye (APK), yang melanggar aturan di Kota Sengkang, Rabu (09/01/19).

APK yang dicopot tersebut adalah baliho milik para anggota legislatif (caleg), baik DPRD kabupaten, provinsi, DPR RI dan DPD yang melanggar peraturan daerah terkait lingkungan hidup dan tata kota, serta UU nomor 7 tahun 2017 serta PKPU nomor 23 tahun 2018.

“Pembersihan kita mulai sejak empat hari yang lalu, sudah ada ratusan yang sudah kita turunkan,” kata Komisioner Bawaslu Wajo Devisi Pengawasan, Heriyanto saat dihubungi halosulsel.com, Rabu (09/01/19).

Ketgam: Nampak petugas dari SATPOL PP Wajo memanjat tiang reklame melepas APK Caleg di salahsatu titik di kota Sengkang.

Lanjut Heriyanto, adapun APK yang diturunkan adalah APK yang lokasi pemasangannya tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan (melangggar UU pemilu dan perda).

“Begitu juga dengan APK yang Desain atau materi tidak sesuai ketentuan serta ukuran dan jumlah tudak sesuai ketentuan PKPU 23 Tahun 2018,” jelasnya.

Sejauh ini, Satpol PP dan Bawaslu telah melakukan penertiban di beberapa titik lokasi di dalam Kota Sengkang diantaranya, di Jalan Rusa, Beringin, Pahlawan, Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, Wr Monginsidi, Puangrimaggalatung, Andi Tanjong dan jalan Ando Pallawarukka.

“InshaAllah, kita akan kembali jadwalkan kembali lokasi selanjutnya. Termasuk APK yang di kecamatan dan desa-desa,” tutupnya.(Red)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange