Halo Daerah

Selamat…Bupati Wajo Terima Penghargaan di Hari Perkebunan ke-61

Foto : Pemberian penghargaan pada hari Perkebunan oleh Kementerian Pertanian kepada para Bupati berprestasi

HALOSULSEL.COM, BANDUNG — Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Berprestasi terhadap pengembangan inovasi teknologi pembenihan dalam mendukung pengembangan Desa Mandiri Benih dari Kementerian Pertanian RI.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI kepada Bupati yang di wakili oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo Ir Baso Cappe, pada peringatan Hari Perkebunan ke-61, yang dipusatkan di Gedung Sate Bandung Jawa Barat, Senin (10/12/18).

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo, Ir Baso Cappe, yang dimintai keterangan usai menerima penghargaan mengatakan, penghargaan yang diterima adalah suatu keberhasilan yang tidak lepas dari bimbingan Bupati Wajo yang sangat konsisten terhadap pembangunan perkebunan.

“Ini terbukti dengan dibentuknya Dinas Perkebunan di Wajo. Dan kita satu-satunya kabupaten di Sulsel, yang memiliki Dinas Perkebunan. Apalagi beliau selalu merasa optimis dan memberikan bimbingan dan arahan demi pengembangan perkebunan di Wajo,” ungkapnya.

Ketgam : Piagam Penghargaan yang diterima Bupati Wajo dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI

Sementara Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, ketika dimintai keterangan disela kegiatan mengatakan, dalam menjaga kesinambungan ketersediaan benih pada tingkat petani perkebunan dia telah melakukan berkomunikasi dengan Direktur Pembenihan.

“Alhamdulillah, beliau menjanjikan ke kita, pembangunan pembenihan di Sulsel tahun depan. Untuk lokasi akan nanti kita tentukan apakah di Luwu atau daerah lain yang nantinya siap kita tempati untuk memberikan bibit unggul ke semua wilayah dan kemungkinan nanti dapat memberi benih unggulan yang serba cepat,” terangnya.

Untuk diketahui, penghargaan yang diterima Bupati Wajo tidak lepas dari kinerja Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo dalam keberhasilannya melakukan sinergi dengan petani perkebunan untuk memberikan inovasi motivasi dalam mengembangkan Desa mandiri benih, dengan membangun rumah pembibitan dalam menjaga kesinambungan ketersediaan benih pada tingkat petani perkebunan.

Rumah pembibitan ini diharapkan mampu menyediakan benih di tingkat petani, dengan kualifikasi benih unggul yang bersertifikasi dengan produksi tinggi.

Disamping itu Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo telah membangun kebun induk dinas diantaranya kebun Induk Kelapa 5 Ha, kebun Induk Kakao 1 Ha, kebun Induk Enteres 2 Ha, Kebun Induk Cengkeh 2 Ha, kebun Induk Lada 1 Ha.

Laporan : Selvi (Humas Pemkab Wajo).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange