Halo Nasional

Soal Usulan ASN Bayar Zakat Lewat Baznas, Jokowi: Kalau Dianggap Perlu Dorong ke Meja Saya

Foto: Presiden Jokowi menyerahkan Zakatnya ke Baznas di Istana negara Jakarta

HALOSULSEL.COM,JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para wajib zakat untuk membayarkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Bahkan, Jokowi siap membuatkan peraturan presiden (Perpres) agar aparatur sipil negara (ASN) membayar zakat lewat Baznas.

Hal itu diungkapkan Jokowi menyambut usulan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Bambang Sudibyo agar mendorong peraturan presiden tentang kewajiban bagi ASN membayar zakat

Namun begitu, Jokowi mengatakan hal itu tergantung Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin bagaimana mendorong agar ASN bisa membayarkan zakatnya melalui Baznas.

Kata dia, jika Menag menilai Perpres zakat ASN sudah diperlukan, maka bleid tersebut dapat dibawa ke mejanya untuk ditandatangani.

“Apakah sudah waktunya untuk dibuatkan Perpres bagi ASN (membayar zakat)? Kalau dianggap sudah perlu, ya dorong ke meja saya agar dibuatkan Perpres,” imbuh Jokowi di Istana Negara Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Jokowi ingin potensi pengumpulan dan penyaluran zakat bisa terintegrasi secara digital. Sehingga, pembayaran zakat bisa efektif dan efesien.

Karenanya jika potensi zakat umat Islam Indonesia bisa dimaksimalkan. Baznas memperkirakan potensi zakat mencapai Rp232 triliun dan hanya Rp8,1 triliun yang masuk ke Baznas.

“Oleh sebab itu potensi zakat yang besar di Indonesia harus bisa kita dimaksimalkan,” tekannya.

Jokowi juga menghargai adanya kenaikan pertumbuhan zakat di Baznas sebesar 26,64%. Menurut dia, kenaikan angka itu cukup besar namun kata dia, tetap perlu adanya lompatan-lompatan besar.

“Zakat sangat penting sekali untuk menggerakan baik pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Secara gamblang angka-angka juga sudah disampaikan ketua Baznas,” terangnya.

Jokowi pun mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas.

“Sekali lagi saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan tepat penyalurannya,” tandasnya (*/net)

Editor : One

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange