Halo Pendidikan

SRA Wajo Serentak Laksanakan OC Day Hari Ini

Foto : Nampak Kabid DPPPA Wajo, Andi Satriani dalam pelaksanaan kegiatan OC Day

HALOSULSEL.COM, WAJO — Sejumlah sekolah inisiasi ‘Sekolah Ramah Anak’ (SRA) di Kabupaten Wajo, serentak melaksanakan kegiatan Belajar diluar Kelas (Outdoor Classroom Day) hari ini,  Kamis (1/11/18).

Kegiatan Outdoor Classroom Day (OC Day) merupakan progràm dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kemendikbud, Kemeterian Agama, Dinas Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Wajo serta Yayasan Keluarga Peduli Pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Anak Internasional dan berlangsung secara serentak di seluruh indonesia.

Di Kabupaten Wajo pelaksanaan OC Day diikuti oleh sekolah dari tingkatan PAUD, SD dan SMP yang telah inisiasi menuju SRA diantaranya, PAUD/TK Ainun Pribadi dan Fieqfand Kids School, SDN 1 Padduppa, SDN 200 Tempe, SDN 213 Teddaopu, SDN 204 Sompe Kecamatan Sabbangparu dan SMPN 1 Sengkang.

Ketgam : Suasana kegiatan belajar diluar Kelas (Outdoor Classroom Day).

Beberapa agenda kegiatan yang dilakukan dalam rangka pembelajaran di luar kelas seperti menyambut siswa dengan 3 S (Senyum, Sapa, Salam), cuci tangan sebelum makan, baca doa bersama sebelum makan, membaca buku di luar ruangan, memeriksa lingkungan dan menyingkirkan tanaman dan barang yang dapat membahayakan anak, simulasi sadar bencana, senam Germas dan senam three ends, permainan tradisional dan masih banyak yang lainnya.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPPA) Wajo, Andi Satriani mengatakan, sepertiga jumlah penduduk adalah anak-anak, dua pertiga adalah usia sekolah dan sepertiga waktu anak berada di sekolah.

“Olehnya itu, kita harus memastikan anak-anak kita berada dalam lingkungan sekolah yang aman, bersih tertib, sehat serta terlindungi dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya,” ujarnya.

Lanjut Andi Satriani, saat ini masih banyak hal-hal yang membahayakan anak di sekolah, seperti makanan/jajanan yang tidak sehat, sarana prasarana yang tidak ramah anak, asap rokok, NAPZA, bencana, kekerasan dalam berbagai bentuk, informasi tidak layak anak dalam berbagai bentuknya misalnya pornografi, kekerasan, SARA, radikalisme dan lain-lain.

“Proses pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu ciri Sekolah Ramah Anak. Dan salah satu bentuk kegiatan yang mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan adalah belajar diluar kelas,” jelasnya.

Sementara itu, kepala sekolah dan guru guru dari sekolah yang melaksanakan OC Day mengatakan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Rangkaian kegiatan merupakan aktivitas yang mempunyai tujuan pembelajaran secara nyata dan berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan tumbuh kembang anak, serta mendukung budaya dan cinta tanah air dan kreatifitas” kata Kepala Seekolah SMPN 1 Sengkang, Dr.Muzakkir.

Seperti diketahui, kegiatan OC Day ini melibatkan guru dan semua murid. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan deklarasi Sekolah Ramah Anak oleh kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, perwakilan alumni, komite sekolah dan seluruh peserta didik.

Editor : Zasthya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange