Halo Dokter

Tak Perlu Cari Suplemen, Ini Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

HALOSULSEL.COM — Selama ini banyak orang berusaha mencari berbagai suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya ada cara alami, berupa makanan dan kebiasaan sehari-hari yang dapat mendukungnya.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas akan melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Sistem ini terdiri dari sel, jaringan dan organ-organ tubuh yang bekerja sama. Jika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja optimal, tubuh pun mudah terserang penyakit.

Makanan Pendukung Imunitas

Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan alami, inilah bahan makanan yang dapat dikonsumsi:

Brokoli

Mulailah konsumsi sayuran ini secara teratur. Sebab, manfaat brokoli mengandung tinggi serat dan antioksidan, serta mengandung vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi pada brokoli membuat sayuran ini dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara terbaik dalam mengonsumsi brokoli adalah meminimalisir proses memasak, seperti mencelupkan sebentar ke air panas.

Bayam

Kandungan antioksidan bayam tidak kalah tinggi dibanding brokoli. Dipadukan dengan beta karoten dan vitamin C, membuat bayam efektif membantu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Sama seperti brokoli, masaklah bayam sebentar saja agar nutrisinya tidak terbuang.

Bawang putih

Bahan makanan ini mengandung zat allicin. Kemungkinan besar zat itulah yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus melawan penyebab infeksi. Mulai kini, tambahkan bawang putih pada masakan Anda, sehingga mudah mengonsumsinya.

Kunyit

Warna kuning pada kunyit menujukkan bahwa bahan ini mengandung kurkumin. Bahan makanan berwarna kuning ini juga sudah lama diandalkan sebagai bahan antiinflamasi atau antiradang terutama pada osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Lebih jauh lagi, kunyit bahkan diyakini memiliki potensi untuk mencegah tumor dan pembentukan pembuluh darah baru yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Pepaya

Manfaat pepaya yang utama yaitu kaya akan nutrisi. Salah satunya adalah papain, enzim pencernaan yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, pepaya mengandung vitamin B, potasium, dan folat. Kandungan vitamin C dalam satu buah pepaya dapat memenuhi, bahkan melebihi kebutuhan vitamin C per hari. Mengonsumsi papaya juga dapat memperlancar saluran pencernaan.

Selain itu, penting untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula. Sebab, kadar gula yang terlalu tinggi dapat menghambat kerja sel kekebalan tubuh dalam melawan bakteri untuk beberapa waktu.
(Sumber: Alodokter)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange