Halo Daerah

TP PKK Sulsel Ajari Ibu-Ibu PKK di Wajo Metode Budidaya Cacing Super

HALOSULSEL.COM, WAJO — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wajo melakukan sosialisasi Budidaya Cacing Super di Ruang Pola, Jumat (9/11/18).

Kegiatan sosialisasi yang melibatkan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Wajo bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan ini diikuti kurang lebih 400 ibu-ibu PKK dari Badan Kantor dan Dinas Tim PKK Desa Se Kabupaten Wajo.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan yang di wakili Tim Ahli PKK Provinsi Sulsel, Andi Kasmawaty Idrus Paturusi mengatakan, kegiatan sosialisasi Pembudidayaan Cacing Super ini untuk meningkatkan pendapatan dan mengangkat kegiatan Program PKK di Provinsi Sulsel, sekaligus menggambarkan prestasi yang telah diraih TP. PKK Provinsi Sulsel.

“Sebisa mungkin, TP PKK Kabupaten Wajo juga bisa meraih juara,” harapnya.

Apalagi lanjutnya, pada 30 November 2018 nanti akan diadakan Rakerda. Sehingga diharapkan perwakilan dari tiap daerah hadir untuk menunjukkan inovasi yang telah dilakukan.

“Tentunya, Inovasi pembudidayaan Cacing Super ini, menjadi inovasi dan primadona. Jadi tinggal bagaimana sekarang membuat pengelolaan cacing dengan pembuatan pabrik pengelolaan cacing, sehingga tercipta produksi pupuk cair dari cacing serta produk lainnya yang bahan bakunya dari cacing,” harapnya.

Selain itu, Andi Kasmawaty juga berharap TP PKK tertib administrasi, utamanya PKK kabupaten bisa mengaktifkan kembali dasawisma, program pola asuh anak begitu juga kelompok usaha pendapatan keluarga dan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan pengembangan Cacing Super serta penanaman talas ungu.

Sementara sekretaris PKK Kabupaten Wajo,
Andi Ratnawaty Paturusi, mengimbau agar di setiap kecamatan harus ada semacam percontohan terkait pembudidayaan Cacing Super.

“Dan sebisa mungkin agar Dinas PMD, bisa menganggarkan dana UP2K kembali,” imbuhnya.

Pada kegiatan sosialisasi para peserta juga diberikan penjelasan tekhnis tentang Budidaya Cacing Super sevara detail tentang metode pengembangan biakan oleh tim ahli dari Provinsi Sulsel.

Cacing ini nantinya akan dijadikan pupuk dan produk kosmetik yang tidak kalah dengan produk-produk kosmetik yang beredar di pasaran saat ini. (Humas Pemkab Wajo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange