Halo Citizen

TPA Kota Makassar Terbakar

Ketgam: TPA Antang berada di Kecamatan Manggala Kota Makassar terbakar.

HALOSULSEL.COM, MAKASSAR — Sampah kini kian menjadi masalah besar bagi makhuk hidup dan lingkungan jika tidak dikelola dengan baik.

Seperti contoh yang terjadi hari ini, Minggu (15/09/2019), di kota makassar, TPA Antang berada di Kecamatan Manggala Kota Makassar terbakar dari pukul 14:00 Wita, hingga kini apinya belum bisa dipadamkan.

Para petugas pemadam kesulitan memadamkan kobaran api yang bersumber dari gas metano yang dihasilkan dari tumpukan sampah yang tidak dikelola serta musim kemarau yang membuat sampah mudah terbakar.

Salah satu pegawai TPA Tamangapa Syawal, yang ditemui dilokasi kebakaran mengakui bahwa sumber dari kebakaran adalah karena gas menato yang tak dikolala.

“Saya bekerja di TPA sudah 4 tahun dan dari awal saya bekerja disini, gas metanonya sudah tak dikelola dan bekas tempat kelola gas metanonya dibiarkan begitu saja,” ungkapnya.

Syawal menyesalkan akan tumpukan sampah yang kian hari kian bertambah. Kata dia jika pemerintah terus membiarkan hal ini terjadi dan dari kondisi yang ada saat ini tak memungkinkan lagi sampah yang dihasilkan Kota Makassar harus bermuara semua disini.

Syawal pun mengharap kelak TPA Antang tak lagi seperti ini, menerima semua sampah yang dihasilkan oleh warga Kota Makassar, dan berharap TPA cuma menerima residu saja dan sebaiknya sampah yang bisa dikolala ditempat timbulannya.

“Untuk penanganan masalah sampah, Pemerintah Kota Makassar harusnya bisa menjalin kerja sama dengan para pengusaha pendaur ulang sampah, agar sampah yang bisa didaur ulang lebih bermanfaat serta memiliki nilai ekonomi untuk warga pengelolanya,” tutupnya. (*)

Penulis : Ruy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange