Halo Sulawesi

Bantuan 2.000 APD Tiba di Makassar, RS Plamonia Kebagian Paling Banyak

APD bantuan BNPB tiba di Makassar. ©2020 Foto: Pendam XIV/Hasanuddin

HALOSULSEL.COM, MAKASSAR — Bantuan alat pelindung diri (APD) atau Disposable Protective Coverall Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tiba di Makassar, Rabu, (25/3). 

Sebanyak 40 koli berisi 2.000 alat pelindung diri (APD) diserahkan Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, kepada pihak Dinkes Sulsel dan perwakilan direktur dan kepala-kepala rumah sakit rujukan di halaman Rumah Sakit Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin, Jalan Jendral Sudirman, Makassar.

“APD ini akan didistribusikan ke rumah sakit yang menangani Covid-19 di wilayah Sulsel, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara,” kata Andi Sumangerukka.

Jumlah yang diberikan ke rumah sakit jumlahnya berbeda. Seperti di RS Pelamonia sebanyak 10 koli isi 500 paket APD, di RSUP Wahidin Sudirohusod 5 koli isi 250 paket, RS Bhayangkara 2 koli isi 100 paket dan beberapa rumah sakit di daerah yang mendapat 1 hingga 2 koli.

Kemudian di RSUD Mamuju, Sulawesi Barat ada 2 koli atau 100 paket dan di Sulawesi Tenggara ke dua rumah sakit yakni RST Kendari 2 koli atau 100 paket dan RSU Bahteramas 2 koli isi 100 paket.

Sedangkan sisanya, sebagai cadangan disimpan di gudang Kesdam 5 koli isi 250 paket dan di gudang Dinas Kesehatan ada 3 koli isi 50 paket. Selain itu, kata dia, rumah sakit rujukan akan mendapat APD secara bertahap.

“Dengan adanya kelengkapan ini, diharapkan dapat membantu para petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Karena salah satu tantangan, baik dari para petugas kita adalah memastikan mereka tidak terpapar dan alat-alat ini menjadi sangat penting,” jelas Andi Sumangerukka.(int)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange