Halo Daerah

Bantuan Pangan Non Tunai ‘Raskin’ Dikeluhkan, Warga Minta Pemkab Wajo Turun Tangan

Ketgam: Gase salah satu warga miskin di Dusun Tonrong Palaguna Desa Lempa Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, yang tidak pernah tersentuh Program Bantuan Pangan Non Tunai 'Raskin’

HALOSULSEL.COM, WAJO — Penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau lebih dikenal dengan beras miskin (raskin) di Kabupaten Wajo banyak dikeluhkan. Tidak sedikit warga melontarkan protes karena tidak kebagian beras yang peruntukannya bagi warga miskin itu.

Gase (50) misalnya, salah satu warga prasejahtera di Dusun Tonrong Palaguna Desa Lempa Kecamatan Pammana ini, mengaku tidak pernah tersentuh bantun beras miskin (raskin).

“Tidak pernah saya dapat. Sementara ada juga yang kondisi ekonominya jauh lebih baik dari kami, malah dapat” kata Gase saat ditemui di rumahnya, Jumat (20/12/2019).

Padahal jika pemerintah setempat jeli, Gase yang hanya tinggal di gubuk seukuran 4X5, sangat pantas untuk menerima program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Apalagi dia kini hanya hidup sendiri pasca suaminya meninggal sekitar setahun yang lalu. Demi melanjutkan hidup Gase mengaku hanya kerja serabutan dengan penghasilan yang jauh dari kata layak.

Tak beda jauh dengan Gase, warga lainnya Messa (60) juga mengeluhkan pembagian raskin di desanya. Padahal kata Messa, dia sudah 10 tahun lebih tak bekerja karena terserang gejala lumpuh.

“Saya sudah tidak bisa bekerja lagi. Malah ada yang sehat, mampu bekerja, punya motor dan sawah justru dapat, bantuan,” protesnya.

Beda lagi dengan tetangganya Maddu (65), Wanita tua ini sebelumnya telah mendapatkan raskin, namun dua tahun terakhir dia mengaku namanya justru hilang sebagai daftar penerima.

“Mungkin nama saya sudah dihapus. Saya juga tidak tahu, mau mengadu kemana,” ungkap Maddu.

Para warga ini pun berharap, pemerintah kabupaten Wajo turun melakukan pendataan ulang dan lebih selektif melakukan verifikasi.

“Kita berharap didata ulang. Pemkab harus turun tangan melakukan verifikasi, agar bantuannya tepat sasaran,” harapnya. (*/red)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange