HALOSULSEL.COM, PANGKEP -- Pandemi covid-19 belum berakhir, dan WHO mengklaim bahwa endemi telah di depan mata. Meski demikian, untuk mencapai endemi kekebalan kelompok mesti terwujud.

Pemerintah masih terus menggenjot pemberian vaksin covid-19 untuk membentuk herd imunity atau kekebalan komunal. Apalagi, virus ini terus bermutasi dengan ditemukannya sub varian BA.4, BA.5, dan BA.2.75.

Beginilah cara Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Selatan menggelar vaksinasi Covid-19 massal dan door to door di Kabupaten Pangkep, periode September-Oktober 2022.

Vaksinasi massal ini digelar BIN demi mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Tampak antusias masyarakat di Kabupaten Pangkep dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 semakin tinggi setiap waktunya yang digelar oleh BIN. Seperti yang terlihat di Puskesmas Bungoro, Jl Andi Mappe no 45, Kelurahan Samalewa, Minggu, 2 Oktober 2022.

Vaksinasi dilakukan dengan menyasar masyarakat umum, baik untuk dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster.

Kordinator Wilayah BIN Kabupaten Pangkep, Farid menyampaikan, BIN juga telah menggelar kegiatan vaksinasi di wilayah sulit dijangkau di Kabupaten Pangkep.

Pihak Dinas Kesehatan Pangkep juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Badan Intelijen Negara yang telah menyelenggarakan vaksinasi massal di sana.

“Alhamdulillah antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinisasi massal sangat ramai yang digelar Badan Intelijen Negara,” katanya.

Lebih lanjut, Farid menyebutkan bahwa dengan vaksin, status pandemi bisa saja berubah menjadi endemi apabila kekebalan kelompok di masyarakat sudah terbentuk.

"Kita berharap pandemi ini segera menjadi endemi, agar aktivitas kita menjadi normal kembali," katanya. (*)