Keterangan Gambar : Kondisi konsultasi publik rancangan awal RKPD 2023 di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros


HALOSULSEL.COM, MAROS -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Maros, Senin (31/1/2022) mengadakan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam menjelaskan, konsultasi publik rancangan awal RKPD untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan. Agar mampu menjawab isu-isu strategis yang ada.

"Untuk menjaring aspirasi para pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan sasaran pembangunan di 2023 bisa berjalan dengan baik," katanya.

Chaidir mengatakan RKPD 2023 memperhatikan enam isu stategi.  Mulai dari peningkatan daya saing ekonomi dan kesempatan berusaha. Keberlanjutan pembangunan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan. 

Kemudian penanggulangan kemiskinan. Peningkatan kualitas dan daya saing SDM."Penurungan tingkat kesenjangan wilayah, dan tata kelola pemerintahan dan kondusifitas wilayah yang menjadi isu kita," jelasnya.

 Alumni Ilmu Pemerintahan Unhas itu juga mengatakan isu isu tersebut harus segera terjawab. "Bukan hanya sekedar narasi, seperti halnya SDM harus meningkat perekonomian juga pasti akan meningkat, dan keluarga pra sejahtera menjadi sejahtera," katanya. 

Mantan ketua DPRD Maros itu menilai, tugas untuk menjawab isu-isu tersebut tidaklah mudah. "Sebab ketidak pastian kebijakan transfer dana pusat ke daerah, sehingga kita haru bekerja cerdas dan melakukan terobosan terobosan yang mampu meningkatkan PAD sehingga tidak bergantung pada dana yang ada di pusat," jelasnya. 

Makanya ia berharap proses rancangan awal penyusunan RKPD 2023 bisa berjalan dengan baik. "Yang kita harapkan semua pimpinan perangkat daerah dan seluruh stakeholder untuk berfikir terbuka dan memiliki visi yang terintegratif dan inovatif," tutupnya. (nur)