HALOSULSEL.COM, WAJO -- Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Wakil Bupati, Amran yang dikenal dengan tagline Duo Amran terus memperlihatkan kekompakannya, khususnya di sisa masa jabatannya di periode ini.

Terbaru, Duo Amran menghadiri Wajo Kemenag Expo 2023 Dalam Rangka Hari Amal Bakti Kemenag ke-78 dan Hari Guru ke-78 di Lapangan Trikora, Sabbangparu, Senin (20/11/2023). Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan Porseni dan Pawai Kontingen dari Peserta ini berlangsung sejak tanggal 19 hingga 23 November 2023.

Bupati Wajo, Amran Mahmud dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Khaeroni yang memang sudah sering berkunjung ke Wajo.

 "Ini adalah kunjungan beliau yang kesekian kalinya. Kami mengapresiasi atas perhatian beliau untuk Wajo," ucap Amran Mahmud.

Ketua DPD PAN Wajo ini juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kemenag Wajo yang telah banyak berkolaborasi, bersinergi, mendukung dan bekerjasama untuk mendukung segala program pemerintah daerah.

"Termasuk memfasilitasi dan memotivasi UMKM seperti pada expo yang dilaksanakan hari ini. Saat ini juga lembaga perbankan turut membantu membina UMKM kita di Wajo," ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan Porseni, Amran Mahmud juga memberi apresiasi. Ajang ini menjadi wadah menemukan potensi atlit untuk disiapkan di ajang yang akan datang, mengingat Wajo ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov 2026 yang akan datang.

Ketua PMI Wajo ini mengurai kolaborasi Kemenag Wajo yang lainnya misalnya pelaksanaan program sadar zakat dan kampung zakat yang telah membantu masyarakat dan Duafa.

"Juga program gerakan masjid cantik kita, yang selain menstandarisasi masjid secara fisik juga memakmurkannya dan menjadikan sarana pembinaan umat. Saat ini di Wajo kita sudah ada 76 pondok tahfidz yang tercatat dengan hampir 4.000 anak yang sedang menghafal,"ucapnya.

Amran Mahmud pun menyampaikan selamat bertanding, selamat ber-Hari Amal Bakti dan bersilaturahi kepada seluruh peserta.

 "Sekali lagi, di masa akhir tugas kami bersama Bapak Wakil Bupati, kami ucapkan terima kasih atas kebersamaan dari Kemenag Wajo selama ini yang telah melahirkan prestasi, khususnya di satuan pendidikan bukan hanya tingkat regional tapi nasional bahkan internasional. Semoga apa yang kita semua lakukan mendapat ridho dan rahmat Allah SWT," ucapnya.

Sementara Kakanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni yang membuka kegiatan dan melepaskan peserta pawai, menyampaikan selamat bertanding kepada semua peserta. "Siapkan mental dan fisik semua yang akan bertanding," ujarnya.

Khaeroni juga mengajak kepada Bupati, Wabup, Forkopimda dan tamu lainnya untum berkunjung ke stand expo yang ada.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Wajo, Muhammad Yunus menjelaskan bahwa Wajo Expo Kemenag Wajo ini diharapkan menjadi wadah untuk menampilkan kreatifitas serta menyosialisasikan kepada masyarakat tentang produk dan layanan Kemenag Wajo."Kegiatan ini menjadi penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag untuk masyarakat," ujarnya.

Melalui rangkaian kegiatan Porseni, lanjutnya, diharapkan mampu menemukan bibit-bibit internal yang berprestasi untuk disiapkan di masa yang akan datang. "Ini juga menjadi wadah silaturahmi bagi semua apalagi Wajo ini adalah daerah yang damai dengan toleransi yang tinggi antar umat beragama" ujarnya. 

Muhammad Yunus juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh jajaran Pemkab Wajo serta Kakanwil Kemenag Sulsel bersama jajaran. "Juga terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini," pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Wajo, Kepala OPD, Camat, Pejabat dan Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulsel, Pimpinan BUMN/BUMD, Jajaran Kemenag Wajo, Forkopimcam Sabbangparu, Para Alim Ulama, Peserta dan undangan lainnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti 3.158 peserta dengan rincian yang telah registrasi 2.273 orang dan pendamping885 orang dengan 100 stand expo. 

Setelah pelaksanan seremoni pembukaan, penyerahan paket sembako dan pelepasan pawai kontingen, Bupati, Wakil Bupati, Kakanwil Kemenag Sulsel, Forkopimda dan undangan lainnya mengunjungi stand expo yang ada di kawasan tersebut. (Saf)