Keterangan Gambar : Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.


HALOSULSEL.COM, MAKASSAR -- Wali kota Makassar Danny Pomanto dikabarkan diperiksa Subdit Tindak Pidana Korupsi (Subdit Tipikor) Polda Sulsel.

Pemeriksaan tersebut terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kontainer Makassar Recover yang kini masih bergulir di Polda Sulsel.

Ia menjalani pemeriksaan di ruang Tipikor Polda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar.

Pemeriksaan Danny dibenarkan Kasubdit Tipidkor Polda Sulsel, Kompol Padli pada wartawan, Selasa (6/12/2022) siang.

Ya (terkait pengadaan kontainer)," ucap Padli. Bukan hanya Danny Pomanto, pihaknya mengaku telah memeriksa ratusan saksi atas dugaan rasua itu.

Termasuk, didalamnya sejumlah lurah dan camat di Kota Makassar. “Ratusan (saksi), (termasuk lurah dan camat) dalam proses," sebut Padli.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto dalam keterangan resminya mengaku diperiksa sebagai saksi atas program 'Kontainer Makassar Recover' yang tersebar di 15 Kecamatan Kota Makassar.

Menurut Danny, kehadirannya di Polda Sulsel untuk memberikan penjelasan kepada penyidik mengenai fungsi atau manfaat dari program unggulan Pemkot Makassar tersebut. 

“Jadi sebagai warga negara yang taat hukum, saya datang memenuhi panggilan untuk mengklarifikasi dan berikan keterangan terkait Kontainer Makassar Recover. Yah mudah-mudahan keterangan saya bisa memperjelas semuanya,” kata Wali Kota Makassar dua periode ini, Selasa (6/12/2022). 

Danny mengatakan saat pemeriksaan berlangsung dirinya menjelaskan secara terbuka dan tak ada yang ditutup-tutupi.

“Mudahan-mudahan ini menjadi bahan bagi kepolisian untuk mendukung setiap program pemerintah kota yang bernilai inovasi dan unggulan karena selama ini kami diberi spirit oleh pusat,” katanya.

Ia menegaskan bahwa program Kontainer Makassar Recover ini sudah terbukti manfaatnya.

Saat pandemi Covid 19 melanda aktivitas layanan kesehatan dilaksanakan di kontainer tersebut, seperti pelaksanaan vaksinasi dan posko siaga.

Selain itu, pasca pandemi kontainer itu kembali difungsikan sebagai tempat Posyandu, Shelter Warga, Posko Bencana atau Banjir serta tempat kumpul dan musyawarah warga.

“Kontainer Makassar Recover ini memang inovasi yang multifungsi dan bisa digunakam untuk jangka panjang serta sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” lanjutnya.(*)