Keterangan Gambar : Ketgam: Penyerahan bantuan mesin dryer oleh Anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin. (Photo: Goban/Halosulsel.com)


HALOSULSEL.COM, WAJO -- Kabupaten Wajo selama ini dikenal sebagai daerah dengan produksi padi terbesar di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Namun demikian, terkadang gabah produksi petani Wajo tidak bisa diserap Bulog karena tidak memenuhi syarat. Salah satu kelemahannya karena tingginya kadar air. 

Bahkan kondisi itu diperparah jika masa panen bertepatan dengan musim hujan, petani kesulitan menjemur gabah miliknya sehingga kadar airnya semakin tinggi.

Akibatnya kerugian yang didapatkan petani bukan hanya tidak bisa diterima Bulog, namun harga jualnya pun rendah akibat kurang kualitasnya.

Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo, tak tinggal diam.

Guna meningkatkan kualitas gabah petani Wajo, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo, Muhammad Ashar mengaku  mengusulkan pemerinta pusat untuk bantuan mesin dryer atau pengering. 

"Dan alhamdulillah, melalui aspirasi dari Partai PKS, kita mendapat bantuan 3 unit mesin dryer atau pengering yang diperuntukkan untuk dua kecamatan di Kabupaten Wajo," kata Muhammad Ashar. 

 

Muhammad Ashar berharap, dengan adanya pemberian bantuan tersebut dapat mengatasi permasalahan petani yang selama ini kesulitan dalam proses pengeringan hasil panen padi terutama pada musim hujan. 

 

"Dengan adanya mesin ini, harapan kita kualitas produksi padi petani menjadi baik, sehingga dapat memperoleh harga yang bagus pula dan dapat diserap oleh Bulog. Termasuk produksi jagung," kata dia.

Sementara kelompok tani yang menerima bantuan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian Wajo dan juga ke Legislator PKS Dapil 2, Andi Akmal Pasluddin yang telah memberikan bantuan mesin pengering padi.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Karena sebelum adanya mesini ini, petani butuh waktu 3-4 hari untuk mengeringkan padi, tap Alhamdulillah sekarang cuma hitungan jam saja," ucap Bonebon.(Goban)