HALOSULSEL.COM, WAJO -- Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengajak kepada masyarakat, khususnya anak-anak, untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Menurut kepala daerah bergelar doktor ini, merawat gigi itu akan mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Amran Mahmud menyampaikan ajakan itu saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022 tingkat Kabupaten Wajo yang dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Maddukkelleng, Kecamatan Tempe, Senin (12/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan sikat gigi massal. Untuk di Wajo, dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wajo secara serentak di 13 sekolah. 

Diikuti 1.639 anak, kegiatan ini terhubung secara virtual dengan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, Pengurus Besar (PB) PDGI, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, sekolah yang berpartisipasi, serta pihak lainnya.

Amran Mahmud memotivasi para siswa untuk disiplin menyikat gigi dengan cara yang benar sesuai yang disampaikan PDGI Wajo. Dirinya juga berharap agar HKGN ini sebagai momentum membiasakan anak membersihkan dan menyikat gigi dengan benar.

"Kalau gigi kita bersih dan sehat, itu akan menambah kegantengan dan kecantikan dari anak-anakku semua," kata Amran Mahmud.

Suami Sitti Maryam inipun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinkes dan PDGI Wajo atas inisiasinya melaksanakan kegiatan ini. "Semoga momentum ini akan menjadi spirit dan semangat untuk anak-anak kita agar tetap disiplin menjaga kesehatan gigi mereka," ucap Amran Mahmud.

Sementara, Ketua PDGI Wajo, Andi Jasriani Tamrin, menyampaikan peringatan HKGN 2022 mendapat antusias anak-anak.  "Kami juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Wajo sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar," ujar Jasriani.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinkes Wajo, Armin, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamaddukelleng, Andi Ela Hafid, Kepala SDN 2 Maddukkelleng bersama para guru dan siswa, para pengurus PDGI Wajo, serta undangan lainnya.(*)