Keterangan Gambar : Kapolres Luwu Utara, AKBP Alfian Nurnas saat menggelar konferensi pers terkait pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor. (Photo: Humas Polres Luwu Utara)


HALOSULSEL.COM, LUWU UTARA-- Dua spesialis pencuri kendaraan bermotor (Ranmor) lintas kabupaten berhasil dibekuk  Jajaran Polres Luwu Utara.

Mereka adalah M (36) dan A (23). Kedua pelaku berdomisili di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.

"Terkait kasus Curanmor ini ditangani oleh Polsek Sukamaju. Dimana kedua tersangka yang dihadirkan adalah warga Kabupaten Luwu Timur yang melakukan aksinya di wilayah hukum polres Luwu Utara tepatnya di Kecamatan Bone-Bone dan Sukamaju," ungkap, Kapolres Luwu Utara, AKBP Alfian Nurnas saat menggelar konferensi pers di Mako Polres Luwu Utara, Kamis (7/4/2022).

Lebih lanjut, Kapolres yang didampingi Kabag Ops, Kasatlantas, Kasi Humas Polres Luwu Utara serta Kapolsek Sukamaju menjelaskan,
kedua tersangka telah melancarkan aksinya sejak Bulan Februari 2021 hingga Maret 2022. Tersangka menyasar kendaraan warga di wilayah kecamatan Sukamaju hingga Bone-Bone

"Kedua pelaku ini menjalankan aksi bersama dengan peran yang berbeda. Jadi A bertugas untuk berjaga-jaga di jalan, sementara tersangka M mengecek motor yang jadi sasaran. Target  adalah kendaraan yang tidak terkunci leher," katanya.

Adapun yang kendaraan yang diincar pelaku adalah kendaraan yang terparkir didepan atau teras rumah warga.

Apes, aksi kedua tersangka terbongkar karena  terekaman CCTV saat keduanya melakukan pencurian.

Atas dasar bukti dan penyelidikan, Unit Reskrim Polsek Sukamaju dibantu Resmob Polres Luwu Utara kemudian melakukan penangkapan kepada kedua tersangka dan selanjutnya dilakukan penyitaan barang bukti di Kabupaten Kolaka Utara, Kecamatan Tomoni dan Burau Kabupaten Luwu Timur.

Tercatat 28 unit kendaraan roda dua berhasil diamankan bersama tersangka.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, kedua tersangka memang sebelumnya berstatus Residivis tetapi dalam aksi pencurian yang biasa." Terang Alfian.

Dari kasus itu, Kapolres Luwu Utara ini berharap agar seluruh masyarakat tetap waspada terhadap tindak kejahatan pencurian dengan tetap memperhatikan keamanan kendaraan.

"Salah satunya dengan menambahkan perangkat kunci dan tidak lupa untuk selalu mengunci leher kendaraan saat terparkir," imbaunya. (Andi)