HALOSULSEL.COM -- PSM Makassar sukses mengamankan tiga poin setelah menaklukkan Persikabo 1973 dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga 1 2022/2023. 

Pada pertandingan pekan ke-12 ini yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (5/12/2022) sore, gol PSM Makassar dicetak oleh Donald Bissa dan Everton di babak kedua.

Dengan kemenangan tersebut Juku Eja, julukan PSM Makassar sementara memimpin klasemen Liga 1 dengan 25 poin dari 11 laga dan juga masih bersih dari kekalahan

Duel berjalan cukup sengit di awal dengan PSM memiliki dua peluang yang mengancam gawang Persikabo. Tapi, kiper Dicky Indrayana mampu bermain baik dan mementahkan dua peluang tersebut.

PSM terlihat sangat mendominasi jalannya babak pertama. Tapi, mereka masih kesulitan untuk membobol gawang lawan. Salah satu peluang terbaik PSM didapat Yance Sayuri di menit 33. Sayang, tembakannya bisa dihalau Dicky. Pun, dengan Persikabo yang mengancam lewat Rian Kurnia. 

Tapi, tendangannya malah melebar. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

PSM kembali mengambil inisiatif serangan di babak kedua. Masih buntu, pelatih Bernardo Tavares melakukan pergantian jelang satu jam laga berjalan. Ternyata, perubahan tersebut belum memberi dampak positif bagi Juku Eja. Justru, Persikabo yang hampir saja mengoyak gawang PSM di menit 74 lewat peluang Ryan Kurnia.

Empat menit berselang, gol yang dinanti akhirnya datang. PSM pun akhirnya bersorak. Pasalnya, Donald Bissa mampu memaksimalkan umpan M. Arfan dari situasi bola mati dengan tandukannya yang meluncur deras ke gawang Persikabo. Berselang 10 menit, giliran Everton Nascimento yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengunci kemenangan PSM.

Skor 2-0 menjadi akhir dari laga ini. Tambahan tiga poin membuat Juku Eja naik ke puncak klasemen sementara dengan 25 poin dan belum terkalahkan sekali pun musim ini.

 

Susunan Pemain 

PSM Makassar: M Reza Pratama (PG); Yuran Fernandes, Agung Mannan, Safruddin Tahar (Erwin Gutawa 90'), Yance Sayuri, Akbar Tanjung, M. Arfan, Kenzo Nambu, Victor Dethan (Dallen Doke 58'), Ricky Pratama (Donald Bissa 58'), Everton Nascimento

Persikabo 1973: M Dicky Indrayana (PG); Gilang Ginarsa, Sahrul Ramadhan, Didik Wahyu, Lucky Oktavianto, Tegar Infantrie, Ryan Kurnia (Ali Koroy 77'), Bruno Dybal, Tomoki Wada, Gustavo Henrique, Yandi Sofyan.