Keterangan Gambar : Mobil pick up yang mengangkut alkes yang terbakar di Kapal Feri KM New Rose. (Photo: Bustang/Halosulsel)


HALOSULSEL.COM, KOLAKA UTARA -- Sebuah mobil pick up nomor polisi DT 8017 AJ terbakar di dalam Kapal Feri KM New Rose yang sedang berlayar di tengah laut, Kamis (29/9/2022).

Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan menuju Tobaku, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Informasi diperoleh dari Kapospol KP3 Pelabuhan Tobaku Aiptu Ahmad Ainul Yaqin menyebutkan mobil yang terbakar bermuatan alat kesehatan (alkes), kendaraan listrik dan spare part kendaraan.

"Api muncul saat kapal lintas Teluk Bone diperkirakan bakal bersandar kurang lebih 1 jam lagi di Pelabuhan Tobaku," jelasnya.

Kobaran api yang disertai asap tebal menyulut lantai II kapal hingga membuat penumpang histeris, tambahnya.

Bahkan para penumpang kata dia, telah diminta menggunakan pelampung guna mengantisipasi jika kobaran api tidak bisa dikendalikan.

"Namun berkat kerja sama antara ABK dan para penumpang, mobil yang terbakar dapat segera dipadamkan."ujarnnya

Sopil mobil pick up Arya, warga Desa Landolia, Kecamatan Ranteangin, Kolaka Utara mengatakan, tidak ada orang dalam kendaraannya saat kejadian. Hanya beberapa penumpang kapal yang tidur di atas tenda kendaraan truk di sampingnya.

"Saya di atas pak (ruang penumpang) saat terbakar. Saya langsung turun lihat mobil sudah terbakar dan untuk berusaha memadamkannya," ujar Arya, Kamis 29/9/2022

Menurutnya, dia mengangkut barang dari Makassar dan hendak menuju Kendari. Kendaraannya mengangkut 2 peti boks berisi alkes, 2 sepeda listrik, pertamini, sejumlah spare part mobil dan dua karung pakaian.

"Alkes mau diantar ke RS, spare part
Arya mengaku sempat linglung dan bingung saat kendaraannya tiba-tiba terbakar. Mesin mobilnya dipastikan tidak menyala karena sementara kapal sedang berlayar.

"Saya juga bingung kenapa bisa terbakar," ucapnya.

Selain mobilnya, sisi kiri sebuah truk juga ikut tersulut api. Akan tetapi, kendaraan itu masih bisa melanjutkan pulang.

Pantauan di lokasi, sumber api diduga muncul dari muatan mobil tersebut. Sementara kolong kendaraan tidak terlihat ada bekas terbakar.

Tampak pula Kapolres Kolaka utara AKBP Yosa Hadi bersama Kasat Reskrim AKP Husni Abda meninjau secara langsung.

"Penyebab kebakaran sementara kami dalami," ujar Kapolres. (Bustang)