HALOSULSEL.COM, MAROS -- Pandemi covid-19 belum berakhir. Pemerintah masih terus menggenjot pemberian vaksin covid-19 untuk membentuk herd imunity atau kekebelan komunal. Apalagi, virus ini terus bermutasi, dengan ditemukannya sub varian BA.4, BA.5, dan BA.2.75.

Badan Intelijen Negera Daerah (Binda) Sulawesi Selatan bersama Dinas Kesehatan terus menyasar masyarakat di sejumlah daerah, baik untuk dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis ketiga atau booster.

Di Kabupaten Maros, Binda Sulsel bekerjasama dengan Puskesmas Turikale, di Jl Mawar no 13, Kelurahan Aliritengae menggelar vaksinasi massal, Minggu, 2 Oktober 2022.

"Vaksinasi masih terus dimasifkan, mengingat pandemi covid-19 belum berakhir dan ada ancaman varian baru yang terus bermutasi, sehingga dengan vaksinasi kita menurunkan risiko penyebaran virus ini," kata Koordinator wilayah BIN Kabupaten Maros, Ratnaningsih.

Vaksinasi menyasar masyarakat umum. Ratna pun mengajak masyarakat, yang belum divaksin untuk segera datang ke Puskesmas Turikale untuk mendapatkan dosis vaksin covid-19.

"Vaksinasi ini menjadi penting, dan BIN bersama pemerintah akan terus berupaya membentengi masyarakat dari virus dengan vaksin, agar kehidupan masyarakat kembali normal," katanya.

Selain vaksinasi, Ratna juga senantiasa mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, meskipun belakangan kasus aktif covid-19 melandai.

"Kita tetap tidak boleh lengah, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir dan vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk menjaga diri dari virus ini," tutupnya.

Sebagaimana prediksi WHO, bahwa pandemi ini akan segera menjadi endemi. Namun, untuk itu mewujudkan kekebalan kelompok menjadi penting untuk menyambut endemi. (*)