Keterangan Gambar : Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, membungkuk kepada para supporter Jepang. Sebagai permintaan maaf, dan sebagai bentuk terima kasih kepada supporter yang telah mendukung timnas Jepang.(Photo; Net)


HALOSULSEL.COM, QATAR -- Berakhir sudah kiprah negara-negara yang mewakili Asia di perhelatan Piala Dunia 2022. Tiga negara dari federasi sepak bola Asia bertumbangan di babak 16 besar.

Australia lebih dulu tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah kalah tipis 1-2 dari Argentina, Minggu (4/12/2022).

Sehari setelahnya, giliran Jepang menyusul Australia untuk angkat koper dari Qatar setelah disingkirkan Kroasia, Senin (5/12/2022) malam Wita. 

Jepang sebenarnya tampil luar biasa pada pertandingan ini. Permainan cepatnya bahkan sempat membuatnya unggul atas Kroasia. Sebelum Luka Modric cs, menyamakan kedudukan 1-1.

Skor ini bertahan hingga 120 menit, sehingga pertandingan dilanjutkan ke drama adu finalti. Namun akhirnya tim Samurai Biru kalah 1-3.

Terkini adalah Korea Selatan yang menjadi wakil Asia terakhir untuk pulang dari Qatar. Juga tak berdaya di tangan Brasil dengan menelan kekalahan telak 1-4, Selasa dini hari tadi.

Dengan demikian, sudah tidak ada wakil dari Asia yang berlaga di sisa pertandingan Piala Dunia 2022. Sebelumnya Qatar, Arab Saudi, dan Iran sudah tereliminasi sejak babak penyisihan grup.(red)