halohot

Gempa Magnitudo 4,9 SR Kembali Guncang Wajo, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

HALOSULSEL.COM, WAJO — Gempabumi Magnitudo 4,9 SR kembali mengguncang Kabupaten Wajo, Jumat (27/3/2020) sekitar pukul pukul 05:58:58 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.09 LS dan 120.13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 Km Baratdaya Wajo, Sulawesi Selatan pada kedalaman 16 km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walane yang berdekatan dengan pusat epicenter.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Sengkang III  MMI, di Tanete Sidrap II MMI, di Soppeng II – III MMI.  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, dikutip dari laman bmkg.go.id.

Diapun menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Guncangan gempa inipun dirasakan warga Kabupaten Wajo, seperti warga di perumahan BTN Grand Hill 3 Atakkae.

“Lumayan goncangannya dibanding gempa kemarin, saya hanya satu kali merasakan guncangan tapi ini lebih terasa guncangannya,” kata Sahar, salah satu pemijat trapi di Atakkae Sengkang.

Namun meski goncangan gempa sangat terasa, dia mengatakan jika tidak ada kerusakan yang terjadi di rumahnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo. (Red)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange