Halo Dokter

Ilmuan di London Temukan Gejala Paling Akurat untuk Mendeteksi Virus Corona

Photo Ilustrasi

HALOSULSEL.COM, JAKARTA — Ciri-ciri terinfeksi virus corona (Covid-19) bisa dideteksi lewat gejala-gejala seperti batuk, demam, dan sesak napas. Tiga gejala tersebut merupakan ciri-ciri umum orang terinfeksi coronavirus.

Namun belum lama ini terungkap adalah orang terinfeksi Covid-19 kehilangan kemampuan penciuman serta perasa.

Dikutip dari Detik Health, para ilmuwan di King’s College London mengaku berhasil menemukan gejala yang paling akurat untuk mengidentifikasi pasien Covid-19. Berdasarkan analisis mereka, kehilangan indra penciuman dan perasa adalah indikator gejala yang paling akurat.

Mengutip dari Daily Star, hal ini didapatkan setelah menganalisis sekitar 1,8 juta orang yang terinfeksi beserta gejala yang dialami. Sekitar 59 persen yang dinyatakan positif Covid-19 mengalami gejala tersebut.

Menurut penelitian tersebut, gejala ini lebih akurat untuk mendiagnosis Covid-19 dibandingkan gejala demam yang selama ini dilaporkan. Dr Maria Van Kerkhove dari WHO mengatakan, ini muncul di saat tahap awal penyakit.

“Orang-orang dengan gejala kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa ini tiga kali lebih mungkin membuktikan bahwa ia terinfeksi Covid-19. Jika itu terjadi, kami menyarankan mereka untuk mengisolasi diri guna mengurangi penyebaran penyakit,” kata peneliti utama Profesor Tim Spector dari King’s College.

Gejala lain yang juga bisa menunjukkan saat terinfeksi virus tersebut, seperti batuk terus menerus, kelelahan, diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, sesak napas, dan sakit tenggorokan. (*)

Editor : Eka

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange