halohot

Kebanjiran, Akses Jalan Poros Soppeng – Sidrap Terputus

Ketgam: Akses Jalan Poros Soppeng - Sidrap di Madining Kelurahan Watangsalo Kecamatan Salo, terputus dilanda banjir.

HALOSULSEL.COM, SOPPENG — Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Soppeng selama dua hari terakhir membuat sejumlah kecamatan dilanda banjir, Minggu (12/1/2020).

Dari data yang dihimpum, sudah tiga kecamatan yang terendam banjir yaitu, Kecamatan Marioriawa, Donri-Donri, dan Ganra.

Bahkan dampak luapan air Sungai Kaca di Kecamatan Marioriawa, menyebabkan jalan poros utama menghubungkan Soppeng dengan Kabupaten Sidrap terendam air dengan ketinggian mencapai 40 cm.

“Air tersebut merupakan luapan sungai Kaca Marioriawa yang memutuskan sementara jalur Poros Soppeng-Sidrap. Air sepanjang 60 meter mengenangi jalan, ketinggian saat ini mencapai 40 cm” kata Kapolsek Marioriawa AKP Syamsuddin, Minggu (12/1/2020).

Tidak hanya itu lanjutnya, sejumlah titik di wilayahnya juga tergenang air, diantaranya, Desa Tellulimpoe Jl Poros Soppeng -Sidrap dengan ketinggian air sekitar 5-10 cm, Kelurahan Limpomajang, ketinggian air sekitar 30-70 cm, Lajaroko Kelurahan Batu-batu ketinggian air sekitar 10-15 cm dan Madining Kelurahan Attangsalo, ketinggian air diatas Jalan Poros Soppeng-Sidrap sekitar 20-40 cm.

Saat ini pihaknya Polsek bersama
Pjs Danramil Marioriawa mengarahkan pengendara yang akan melintas, karena ketinggian air sudah menutupi ruas jalan.

Selain kecamatan Marioriawa, Kecamatan Donri-donri juga terimbas dari luapan Sungai Leworeng yang menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas, karena ketinggian air mencapai 1 meter.

“Ketinggian air sudah mencapai 1 meter, dan kemungkinan akan terus bertambah, ” ujar Nur Alam, salah satu Warga Donri-donri.

Sementara di Kecamatan Ganra, luapan air Sungai Bakke juga telah merembes ke pemukiman warga. Saat ini ketinggian air di Desa Ganra, Dusun Bakke sudah mencapai pinggang orang Dewasa.

“Air sungai sudah meluap, bahkan sebagian tanggul roboh karena derasnya air. Rumah warga dipinggiran sungai saat ini dalam keadaan darurat,” ujar Emmang warga Bakke saat dihubungi via selulernya.

Sementara itu, Kecamatan Lilirilau yang merupakan Kecamatan Rawan banjir di Kabupaten Soppeng saat ini masih dalam kondisi normal, Sungai Walannae saat ini belum meluap, namun jika hujan terus mengguyur di hulu, dipastikan air sungai yang menghubungkan beberapa kabupaten ini juga akan meluap. (*RS/Is)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange