Halo Daerah

Pandemi Bencana Luar Biasa, Karang Taruna Wajo Ajak Semua Elemen Edukasi Masyarakat

Ketgam: Ketua Karang Taruna Wajo, Abd Rahim.

HALOSULSEL.COM, WAJO — Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna memiliki tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

Namun lebih dari itu, di tengah bencana pandemi Covid-19, Karang Taruna juga harus berperan aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ketua Karang Taruna Kabupaten Wajo, Abd Rahim, saat ditemui usai kegiatan penyerahan bantuan listrik gratis dalam rangka HUT Karang Taruna ke-61, di Kota Sengkang, Kecamatan Tempe, Senin (18/10/2021).

“Kami punya kader di setiap desa dan kelurahan. Mereka terus berperan aktif membantu warga yang terdampak pandemi, serta mengedukasi warga terkait protokol kesehatan,” katanya

Termasuk kata Rahim, ikut mengkampanyekan gerakan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

“Bahkan di awal-awal Covid-19 masuk di Kota Sutera ini, kita (Karang Taruna Wajo) terjun langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan berbagi masker dan APD ke relawan Covid-19 di desa-desa,” terang Rahim.

Lebih lanjut, mantan ketua Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah se-Indonesia Yogyakarta ini menjelaskan, memutus mata rantai Covid-19, bukan semata tugas pemerintah saja. Tapi kata dia, dibutuhkan peran aktif semua elemen masyarakat.

“Pandemi ini bencana luar biasa. Sehingga dibutuhkan peran aktif elemen bagaimana membantu pemerintah agar wabah ini segeraberlalu,” imbuhnya.

“Yah! termasuk tadi, minimal kita hadir memberi edukasi kepada keluarga dan tetangga di lingkungan sekitar agar disiplin menerapkan prokes. Terutama mengingatkan mereka untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Wajo Amran Mahmud, saat memberi apresiasi kepada para pengurus Karang Taruna Wajo.

Menurut orang nomor satu Wajo ini, kehadiran Karang Taruna sangat terasa kontribusinya membantu Pemkab Wajo dalam menghadapi berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

“Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya
saya sampaikan kepada Karang Taruna Wajo, atas segala kerja keras yang dilakukan, telah terasa kontribusinya bersinergi dengan Pemkab Wajo dalam berbagai aktivitas sosial. Termasuk dalam penanganan Pandemi Covid-19,” ucap Amran dalam sambutannya di kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang di gelar Karang Taruna Wajo. (Zah)

Editor: Rais

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 HALOSULSEL.COM.

To Top
error: Konten dilindungi !