halohot

Pendidikan Hanya SD, Pemuda Asal Pinrang Ini Bisa Terbang dengan Pesawat Buatannya Sendiri

Ketgam: Haerul pemuda asal Pinrang menerbangkan pesawat buatannya di Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang

HALOSULSEL.COM, PINRANG — Tak ada yang pernah menyangka, seorang pemuda yang hanya mengenyam pendidikan di bangku SD bisa terbang dengan pesawat buatannya sendiri.

Adalah Haerul (40), pria yang sehari-hari bekerja sebagai montir motor pengangkut gabah ini mampu membuat pesawat terbang dari barang rongsokan di bengkelnya.

Kisah ini berawal dari rasa penasaran Chaerul yang ingin merasakan rasanya naik pesawat. Karena memiliki kreatifitas yang tak terbatas, Chaerul lantas mengalihkan rasa penasarannya tersebut dengan cara membuat pesawatnya sendiri.

Hebatnya, Pesawat terbang jenis ultra lighr buatannya itu terbuat dari barang bekas seperti roda gerobak pengangkut pasir, sedangkan sayap yang terbentang di atas pesawat tersebut terbuat dari parasut bekas yang biasa dijadikan penutup mobil. Adapun mesinnya terbuat dari mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 cc.

Setelah melewati percobaan beberapa kali dan selalu gagal. Akhirnya pemuda Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Pinrang tersebut, mampu menerbangkan burung besi yang dirakitnya selama 3 bulan.

Momen terbang pesawat Haerul inipun sempat diabadikan hingga viral dibagikan oleh netizen di sosial media.

Dari video yang beredar, pesawat berbahan bakar bensin itu take off di landasan pasir dan sempat berputar-putar di atas Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, sebelum kembali mendarat dengan mulus.

“Ada beberapa komponen yang saya ganti termasuk mesinnya, dan akhirnya bisa terbang,” ungkap Haerul yang mengaku sempat gemetar merasakan sensasi dengan pesawat buatannya itu.

Untuk merakit pesawat, Haerul membeberkan menghabiskan biaya sekitar Rp 23 juta. “Untuk badan pesawat biayanya Rp 8 juta, sedang mesin motor Rp 15 juta,” bebernya. (*/Red)

Editor : Eka

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange