Advertorial

Perjuangkan Petani dan Nelayan, Komisi II DPRD Wajo Sambangi Dua Kantor Kementerian di Jakarta

Ketgam: Anggota Komisi II DPRD Wajo saat bertandang ke Kantor Kementerian Pertanian Jakarta.

HALOSULSEL.COM, JAKARTA — Sebagai daerah pengembangan kawasan pertanian di Sulawesi-Selatan Kementrian Pertanian RI siap memberikan support ke pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Wajo.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi II DPRD Wajo Asri Jaya A Latief (AJL) usai berkunjung di Kantor Kementerian Pertanian RI di Jakarta.

“Kita sudah bertemu staf khusus Kementan, Dr Lutfi Halide yang juga mantang Kadis Pertanian Sul-sel, dalam rangka singkronisasi program kegiatan kementerian 2020,” ungkap

Adapun proritas program kegiatan (prokeg) Kementan, lanjut AJL, akan diselaraskan dengan prokeg pemkab Wajo, karena Wajo potensi pertaniannya cukup besar. Diantaranya progkeg prioritas yaitu peningkatan SDM, infrastruktur pertanian dan pembentukan Konstratani Tani (komando strategi pembangunan pertanian).

“Dengan adanya support dari Kementerian, nantinya Pemkab dan DPRD Wajo akan membuat Perda tentang Perlindungan Lahan Pertanian,” harapnya.

Selain di Kementan, rombongan Komisi II DPRD Wajo juga bertandang ke Kantor Pusat Data Statistik dan Informasi Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi II DPRD Wajo melakukan konsultasi dan koordinasi untuk mendapatkan referensi dan petunjuk teknis  terkait dengan perkembangan budidaya perikanan, penangkapan dan pemasaran perikanan dan penerapan kartu KUSUKA (Kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan).

“Pemda dan DPRD terus mendorong kartu KUSUKA, agar supaya pelaku usaha bisa mendapatkan dan mengakses bantuan perikanan dan kelautan,” imbaunya.

Dia menambahkan, dari 12.000 pelaku usaha 9000 diantaranya sudah terdaftar dan teralisasi sdh 1.500 pelaku usaha.

Disamping itu komisi II juga konsultasi progkeg Kementerian di tahun 2020, agar supaya dapat disingkronisasikan dengan progkeg APBD Wajo di 2020,” terangnya.

“Ini sebagai bentuk dukungan Dewan dan keberpihakan kita pada petani di Wajo,” tutup legislator Demokrat tersebut.

Diketahui kunjungan Komisi II DPRD Wajo di dua kantor Kementerian ini di dampingi Kadis Pertanian Kabupaten Wajo, Ir Muh Azhar. (Adv-Humas Protokoler DPRD Wajo)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange