Halo Polisi

Pesan Dibalik Operasi Zebra 2020, Helmmu Melidungimu Maskermu Melindungi Kita Semua

Ketgam: Personil Satlantan Polres memasang spanduk imbauan tertib berlulintas dan patuhi protokol kesehatan yang di Terminal Callaccu Sengkang, Kabupaten Wajo. (Doc.Humas Polres Wajo)

HALOSULSEL.COM, WAJO — Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Wajo, hari ini mulai menggelar Operasi Zebra 2020, Senin (26/10/2020) di sekitar Bundaran Tugu BNI Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo.

Namun ada yang berbeda dengan operasi kendaraan bermotor pada tahun-tahun sebelumnya pada saat kondisi masih normal.
Pada Operasi Zebra yang dilakukan di tengah pandemi itu para petugas yang terjun melakukan operasi menerapkan protokol kesehatan (Protkes) Covid-19.

Mulai dari jaga jarak, hingga penggunaan masker bagi pengendara. Dan untuk memberi contoh kepada para pengendara bermotor para petugas juga melengkapi diri dengan masker.

Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Muhammad Yusuf yang dihubungi usai operasi menyebutkan, selain melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas, personilnya juga menyasar pengendara yang tidak menerapkan protokol kesehatan, terutama yang tidak menggunakan masker saat berkendara.

“Jadi kita tidak hanya fokus pada penindakan pelanggaran lalulintas secara tematik saja, seperti tidak menggunakan helm, melengkapi surat kendaraan dan pelanggaran lain yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Tapi, kita juga menyasar pengendara yang tidak memakai masker,” ungkapnya.

“Pengendara yang kedapatan tidak memakai masker, tidak serta merta kita tilang. Kalau memang kendaraan lengkap dan tidak melanggar aturan berlalu lintas, petugas memberikan teguran dan imbauan,” tambahnya.

Ketgam: Giat Operasi Zebra 2020 Satlantas Polres Wajo di seputaran Tugu BNI Sengkang, Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. 

Lebih lanjut, mantan Kasat Lantas Polres Bone ini menegaskan, jika sebelum Operasi Zebra digelar pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi dan himbauan. Baik itu secara langsung kepada pengguna jalan, pemasangan baliho begitu juga melalui media elektronik, cetak dan online.

Dan disetiap pesan keselamatan tertib berlulintas yang disampaikan tersebut selalu beriringan imbauan agar mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti pada spanduk himbauan yang dipasang di Terminal Callaccu Sengkang, nampak jelas sebuah tulisan yang menitipkan pesan;

“Taati aturan tertib berlulintas demi keselamatan anda dan patuhi ptokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19”.

“Helm mu Melindungimu dan Masker mu melindungi Kita Semua”.

Udin, salah satu pengendara asal Kecamatan Pammana mengaku sangat mengapresiasi cara-cara Satlantas Polres Wajo dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Wajo.

“Ini patut kita apresiasi, karena pak polisi tidak hanya memeriksa kelengkapan kendaraan tapi juga selalu mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker saat berkendara demi keselamatan bersama,” tuturnya. (Red)

Editor: Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 HALOSULSEL.COM.

To Top
error: Konten dilindungi !