Halo Daerah

Puluhan Tahun Menanti, Warga Labakka Wajo Akhirnya Bisa Menikmati Listrik PLN

Ketgam: Bupati Wajo Amran Mahmud didampingi jajaran Pimpinan dan Manager PT PLN Sulselbar, meresmikan aliran listrik yang dipusatkan di Dusun Labakka Desa Abbanuange Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo.

HALOSULSEL.COM, WAJO — Penantian warga masyarakat Dusun Labakka Desa Abbanuange Kecamatan Maniangpajo, untuk menikmati lampu penerangan dari PLN akhirnya terwujud.

Pasalnya, setelah puluhan tahun menanti mereka kini dapat menikmati listrik PLN usai dilakukan peresmian listrik serentak oleh Bupati Wajo, Dr Amran Mahmud bersama General Manager PT PLN Persero Sulawesi-Selatan dan Barat (Sulselbar).

Manajer UP 3 Watampone Hafazah, menyampaikan bahwa terdapat beberapa Kabupaten di Sulsel yang dialiri listrik yang peresmiannya secara serentak dipusatkan di Kabupaten Wajo.

“Untuk Wajo, ada 7 titik yang berada di 5 dusun yang akan dialiri listrik. Tapi secara total tahun di tahun 2019 ini terdapat 12 lokasi, 5 lokasi di antaranya di Bone. Namun tahun ini Wajo dapat lebih banyak,” kata Hafazah.

Manajer UP 3 Watampone inipun menyampaikan terima kasih kepada Bupati Wajo atas kerjasama yang terjalin baik selama ini, sehingga PLN dapat terus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Senada Manager UP 2 K Sulawesi Selatan Syaifudin menyampaikan bahwa Presiden Jokowi telah menargetkan pada tanggal 17 Agustus 2020 semua desa di Indonesia teraliri listrik.

Namun demikian diakuinya terdapat beberapa hambatan dalam pemasangan jaringan listrik termasuk infrastruktur jalan dan adanya hutan lindung. Namun begitu pihaknya berjanji dalam satu bulan kedepan akan turun mendata rumah-rumah yang belum ada listriknya.

Sementara itu dari General Manager PT PLN Persero UIW Sulawesi Selatan Barat Ismail Deu berharap masyarakat dengan adanya aliran listrik yang masuk bisa meningkatkan ekonomi masyarakat termasuk di Dusun Labakka.

“Listrik desa yang kami bangun, bukan hanya untuk penerangan saja, yang diharapkan oleh pemerintah dengan masuknya listrik ini ke desa-desa, tentu akan membawa dampak ekonomi terutama di desa-desa,” terang Ismail Deu.

Menanggapi hal itu Bupati Wajo Amran Mahmud, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai daerah penghasil gas, Wajo menyuplai 350 megawatt pasokan listrik. Dimana jumlah tersebut mampu menyuplai hampir seperempat listrik yang ada di Sulawesi Selatan Barat.

“Ada 5 Dusun di sini yang memang membutuhkan listrik di Wajo. Ironis 5 dusun ini hanya berjarak beberapa kilometer saja dari sumber gas di Kampung Baru,” kata Bupati Wajo.

Namun begitu, Orang nomor satu Wajo ini mengaku sangat bersyukur karena adanya komitmen dan kerja keras yang dilakukan oleh jajaran PLN untuk menuntaskan semua desa yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Wajo agar dapat teraliri listrik.

“Tentunya untuk mendukung program Presiden, infrastruktur jalan yang selama ini menjadi hambatan akan kita perbaiki. Insya Allah kita targetkan di 2020 nanti, jalanan yang ada kurang lebih 5 km mulai dari arah pintu gerbang masuk, akan kita muluskan. Saya ingin sampai di Gilireng bahkan sampai di Arajang kita harus tuntaskan. Pun kedepannya di desa-desa lainnya,” cetus Amran Mahmud. (*/Humas Pemkab Wajo)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange