Advertorial

Rayakan Tahun Baru di Daerah ‘Ojek Satu Juta’, Nurdin Abdullah: Seko Kecil Tapi Indah

HALOSULSEL.COM, LUWU UTARA — Seko? Nama daerah ini mungkin masih terasa asing di telinga banyak orang.

Seko, adalah sebuah dataran tinggi di Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan dengan ketinggian hingga 1.800 meter di atas permukaan laut. Kalau dilihat dari peta pulau Sulawesi yang mirip huruf ‘K’, posisinya tepat berada di tengah-tengah. Karena hal itu ada juga yang menyebutkan kalau Seko adalah jantungnya Pulau Sulawesi

Sebelumnya, Seko pernah viral di media sosial karena tarif ojeknya yang sangat mahal. Bayangkan, untuk menjangkau daerah ini, dulunya orang-orang biasanya menggunakan jasa tukang ojek yang di Desa Sabbang, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara.

Tapi jangan kaget! tarif ojek biasanya di patok Rp 500 ribu – Rp 700 ribu. Bahkan jika cuaca buruk tak bersahabat tarif ojek bisa sampai Rp 1 juta bahkan lebih.

Nama Seko kembali viral, setelah Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah merayakan pergantian tahun baru di daerah tersebut.

Bahkan demi melewatkan tahun baru bersama masyarakat Seko, Nurdin Abdullah rela menempuh perjalanan sekitar lima jam dari Masamba pada 31 Desember 2019 lalu dengan membawa sendiri kendaraan.

“Akhirnya kami tiba pada sebuah hamparan padang safana yang luas dan indah, daerah tersebut bernama Seko yang berada di Kabupaten Luwu Utara, ini rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan,” tulis Nurdin Abdullah di Laman Facebooknya, Jumat (2/1/2020).

Dalam tulisan yang diawali ‘Seko Kecil Tapi Indah’ Nurdin Abdullah membeberkan, jika dulu untuk mencapai daerah yang paling terisolasi di Sulsel ini dibutuhkan waktu 2 hinga 3 hari, dan itupun hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua yang dikenal dengan sebutan “Ojek Satu Juta”.

“Kini masyarakat dapat menempuhnya jauh lebih cepat, dan Insyaa Allah tahun ini jalanan akan kita rampungkan, kita aspal dan bangun jembatan untuk memudahkan akses warga,” sambungnya.

Gubernur tak sendiri kesana, dia ditemani Bupati Luwu Timur, Indah Putri dan Pangdam XII Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi.

“Kami sengaja merayakan pergantian tahun di Seko bersama masyarakat setempat, mungkin inilah pertama-kalinya warga Seko merasakan kemeriahan seperti ini, Seko yang selalu dicintai masyarakatnya, Seko kecil tapi indah,” kata Mantan Bupati Bantaeng ini menutup tulisannya.

Tulisan bersama sejumlah foto yang diunggah sejak dua jam yang lalu ini telah mendapat tanggapan 4.632 dari netizen dan dibagikan 293 kali. (*/ Ais)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange