halohot

Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Wajo Bertambah, BPBD: Sudah 118 Unit

Ketgam: Nampak salahsatu rumah warga di Desa Padangluang Kecamatan Pitumpanua rusak parah akibat terjangan angin puting beliung, Minggu (5/1/2019) kemarin. Sumber Foto; SARSOS KT Wajo

HALOSULSEL.COM, WAJO — Jumlah rumah warga di Kabupaten Wajo yang rusak akibat terjangan angin puting beliung terus bertambah.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wajo, Senin (6/1/2020) tercatat sudah 118 rumah yang terkena dampak. Jumlah tersebut bertambah dari data sebelumnya sebanyak 86 rumah.

Adapun kerusakan tersebar di 58 desa dari 12 kecamatan yang terdampak. Diantaranya 28 Kecamatan Tempe 28 unit, Sabbangparu 11 unit, Majauleng 3 unit, Pitumpanua 6 unit, Bola 21, Keera 4 unit, Maniangpajo 1 unit, Belawa 17 unit, Pammana 27 unit , Tanasitolo 51 unit, Penrang 9 unit dan Takkalalla 3 unit.

Selain rumah juga terdapat 2 sarana kesehatan yang rusak yakni, 1 di Kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua, dan 1 di Kelurahan Maddukelleng Kecamatan Tempe dan 1 SD di Desa Worongnge Kecamatan Sabbangparu.

Dua peternakan ayam yakni di Desa Pasaka Kecamatan Sabbangparu dan Desa Dorie Kecamatan Bola. Sementara pohon yang tumbang 10 di Kecamatan Tempe dan 1 di Sabbangparu dan 2 di Pammana.

Koordinator TRC BPBD Wajo, Ardi Anugrah mengatakan, ratusan rumah warga mengalami kerusakan berat dan ringan terutama bagian atap dan dinding. Sedangkan pohon dan tiang listrik tumbang di beberapa tempat .

“Sebagian wilayah Wajo mengalami pemadaman listrik karena sejumlah kabel dan tiang listrik tumbang tertimpa pohon. Upaya perbaikan telah dilakukan oleh pihak terkait,” katanya, Senin (6/1/2019).

BPBD mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca buruk yang akan berlangsung beberapa hari ke depan.’

Berdasarkan perkiraan, cuaca buruk akan berlangsung pada 7-15 Januari 2020. Warga diminta waspada terutama bagi nelayan di pesisir danau dan laut untuk tidak melaut. (*Bob)

 

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange