Halo Daerah

Tanggul Salompare Belawa Jebol, Satu Rumah Hanyut Terseret Banjir

Ketgam: Rumah warga di Lingkungan Salompare Kelurahan Belawa, Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo hanyut terseret banjir, terisisa hanya tangga rumah.

HALOSULSEL.COM, WAJO –– Satu rumah warga di Lingkungan Salompare Kelurahan Belawa, Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, hanyut terseret banjir akibat tanggul jebol di daerah tersebut.

Video yang diterima redaksi HALOSULSEL.COM, terekam arus air yang begitu deras masuk kepemukiman warga. Sementara rumah warga yang hanyut tersebut tinggal menyisahkan tangga.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalpos) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wajo, Marwa, yang dihubungi Selasa (31/8/2021) membenarkan peristiwa tersebut.

“Tanggul di Lingkungan Salompare jebol, ini berdampak parah karena menghanyutkan satu rumah,” ungkapnya.

Lanjut Marwa, Selain tanggul Salompare, dua tanggul lainnya di Kecamatan Belawa yakni, tanggul di Dusun Laikki dan Dusun Tokadde, Kelurahan Malakke juga jebol.

“Tim terpadu sudah turun untuk melakukan evakuasi. Saat ini Kecamatan Belawa sangat membutuhkan penanganan,” tambahnya.

Senada, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial P2KBP3A Wajo, Warmansyah mengatakan, timnya saat ini sedang turun evakuasi bersama tim dari unit penanganan bencana lainnya ke Kecamatan Belawa. “Selain evakuasi, kita juga sementara lakukan assasmen” kata Warmansyah.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Wajo, Sri Irmayanti menyampaikan jika saat ini tim terpadu sedang mendirikan posko bencana.

“Kita juga akan lihat perkembangan, jika memang dibututuhkan kita akan segera dirikan posko pengungsian,” sebut Irmayanti.

Untuk bantuan, lanjut Irmayanti, timnya senantiasa mengupayakan bantuan dari berbagai pihak. Termasuk mengupayakan dari Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Berdasarkan hasil data assasmen terakhir, yang paling dibutuhkan saat ini selain bahan makanan/sembako dan perlengkapan keluarga, juga paling dibutuhkan karung dan bambu khususnya untuk membuat tanggul darurat,” pungkasnya. (Zah)

Editor: Rais

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 HALOSULSEL.COM.

To Top
error: Konten dilindungi !