Halo Pendidikan

Tiadakan USBN Bagi Murid SD, Korwil Pitumpanua: Sekolah Buat Soal Sendiri

Ketgam: Kegiatan pembuatan soal ujian untuk UAS di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo.

HALOSULSEL.COM,WAJO — Berdasarkan arahan Menteri Pendidikan RI, tahun ini Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) ditiadakan.

Kordinator wilayah (korwil) Kecamatan Pitumpanua Dinas pendidikan Kabupaten Wajo, Jamaluddin S Pd, mengatakan USBN untuk peserta didik kelas enam berganti menjadi Ujian Akhir Sekolah (UAS) mulai tahun 2020.

“Hal ini sesuai arahan Menteri Pendidikan RI,” kata Korwil Kecamatan Pitumpanua Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, saat memantau pembuatan soal masing-masing sekolah di wilayahnya.

Jamal menjelaskan, walau USBN bagi peserta kelas enam di sekolah dasar ditiadakan, namun para siswa tetap akan mengikuti ujian atau berganti menjadi Ujian Akhir Sekolah (UAS). “UAS ini diselenggarakan sekolah dan bagi peserta didik SD, rencana berlangsung pada Mei 2020,” katanya.

Dikatakannya dalam hal itu, sekolah punya kebijakan terhadap penilaian peserta didik dalam UAS. Proses penilaian nantinya jauh berbeda dengan USBN. “Jadi semua penilaian tergantung sekolah,” paparnya.

Lanjut Jamal, sekolah menjadi penyelenggara penuh dalam UAS, termasuk soal disusun oleh pihak sekolah. Tim pengawas juga dari sekolah. UAS memberlakukan adanya pengawas silang layaknya USBN.

Proses koreksi hasil ujian pun dilakukan oleh panitia sekolah. Sehingga kembali ke manajemen berbasis sekolah. “Perihal penyusunan soal dan jadwal, nanti disampaikan,” terangnya.

Jamal menambahkan, adanya alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk USBN bisa digunakan untuk pengembangan mutu guru. Mereka nantinya bisa mendatangkan pelatih untuk membuat soal UAS. “Hal ini dalam upaya peningkatan mutu guru,” ulasnya.(Baso)

Editor : Rais Machmud

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange