Halo Dokter

Tips Diet Sehat dr Zaidul Akbar: Puasa Sunah dan Konsumsi Madu

HALOSULSEL.COM — Jurus Sehat Rasulullah (JSR) yang dipopulerkan dr Zaidul Akbar berinti pada penerapan pola hidup sehat. Salah satunya pengaturan pola makan tiap hari sesuai kebutuhan tubuh. Pengaturan ini sebetulnya tidak rumit, low budget, dan bisa dilakukan semua orang.

“Intinya jangan makan berlebihan. Ingat, iman menjadi lemah karena kebanyakan makan. Tubuh yang sehat bermula dari qolbu, artinya sepiring hidangan yang terdiri atas sifat-sifat baik jauh lebih disukai dan diperlukan tubuh daripada makanan,” kata dr Zaidul pada detikcom di kawasan Jatiasih, Kota Bekasi.

Selain tidak makan berlebihan, dr Zaidul juga mengingatkan rutin mengkonsumsi berbagai herbal untuk menjaga kesehatan tubuh secukupnya. Berikut 5 tips diet sehat sesuai anjuran JSR.

1. Jangan makan ‘makanan sampah’

Tips pertama adalah remove the bad artinya menyingkirkan semua asupan yang berdampak buruk bagi tubuh. Misal gula, garam, dan lemak yang dikonsumsi berlebihan dalam makanan sehari-hari.

“Saat ini kita tak terbiasa lagi mengkonsumsi vitamin, mineral, dan nutrisi lain karena yang dimakan tiap hari adalah sampah. Kita makan tiap hari untuk nafsu dan keinginan bukan kebutuhan. Inilah yang bikin orang sekarang banyak yang gemuk atau sakit karena makanan. Karena itu, langkah pertama adalah mampu mengendalikan nafsu makan,” ujar dr Zaidul.

2. Puasa sunah

Menurut dr Zaidul, puasa sunah adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk mengendalikan nafsu makan. Saat puasa, pastikan mengganti asupan menjadi yang lebih bermanfaat bukan malah menzolimi tubuh.

“Kuncinya ada di pencernaan. Dengan puasa, makan asupan yang bernutrisi, dan melakukan kegiatan positif maka tubuh lebih sehat serta bisa beribadah dengan baik. Puasa juga membatasi asupan yang memungkinkan hati menjadi lebih bersih, sehingga bisa menerima hal-hal positif dari lingkingan sekitar. Jangan lupa, puasa juga sudah terbukti baik untuk kesehatan,” kata dr Zaidul.

3. Banyak makan sayur dan buah

Asupan sayur dan buah mendominasi dalam asupan yang dikonsumsi tiap hari. Hal serupa dilakukan dr Zaidul, yang makan sayur dan buah secukupnya sesuai energi yang dibutuhkan setiap hari.

“Sekarang saya sudah jarang makan nasi yang diganti sayur dan buah. Dalam sayur dan buah ada karbohidrat juga, sama seperti dalam nasi. Tapi kandungan gula sayur dan buah tidak setinggi nasi. Sayur dan buah jadi menu utama setiap hari,” ujar dr Zaidul.

4. Konsumsi rimpang, madu, kurma

Dalam setiap unggahan di medsos, JSR tidak lepas dari konsumsi aneka rimpang, madu, dan kurma. Menurut dr Zaidul, rimpang kaya manfaat meski belum semuanya diketahui manusia. Tentu saja rimpang, madu, dan kurma harus dikonsumsi secukupnya sesuai kebutuhan tubuh.

“Bahan dan takarannya bisa dikreasi sendiri asal halal, thayyib, dan tidak berlebihan. Kalau sudah berlebihan jadinya tidak bermanfaat, misal minum madu langsung seliter atau kunyit sekilo. Meski madu dan kunyit jelas bermanfaat, tapi kalau konsumsinya berlebihan jadinya tidak berdampak baik bagi tubuh. Karena itu konsumsi kunyit cukup satu ruas atau madu satu sendok, dengan batasan yang dikembalikan pada diri sendiri,” kata dr Zaidul Akbar.(int)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange